Logo PrismaLink

Mengenal Lebih Dekat Apa itu Disbursement? Simak Penjelasannya

apa itu disbursement

Apa itu Disbursement ⎯ Dalam dunia keuangan, banyak istilah yang mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Salah satu istilah tersebut adalah “disbursement”. Istilah ini seringkali muncul dalam konteks kegiatan perbankan, manajemen keuangan, dan juga dalam proses pemberian pinjaman. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan disbursement? Bagaimana prosesnya berlangsung, dan apa saja yang terlibat di dalamnya? Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai disbursement untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas kepada pembaca.


Apa itu Disbursement?

Disbursement merujuk pada proses pengeluaran atau pembayaran uang dari sebuah akun. Dalam konteks bisnis atau perbankan, disbursement dapat diartikan sebagai pelepasan dana kepada pihak ketiga atau pembayaran dari sebuah rekening pinjaman. Disbursement tidak hanya terbatas pada pengeluaran uang tunai, tetapi juga bisa dalam bentuk transfer elektronik, cek, atau bentuk pembayaran lainnya.

Disbursement umumnya dilakukan untuk berbagai tujuan, seperti pembayaran gaji karyawan, pembelian barang atau jasa, pembayaran pinjaman, atau distribusi dana investasi. Proses ini memainkan peran penting dalam aliran kas sebuah organisasi atau individu, memastikan bahwa pembayaran dilakukan tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.


Manfaat Disbursement dalam Bisnis

Disbursement, atau pengeluaran dana, memainkan peran krusial dalam operasional dan keberlangsungan bisnis. Proses ini tidak hanya berkaitan dengan pembayaran yang keluar dari kas perusahaan tetapi juga mencerminkan komitmen bisnis terhadap pihak eksternal, seperti karyawan, pemasok, dan lembaga keuangan. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari disbursement dalam konteks bisnis:

1. Kemudahan Transaksi
Dalam dunia usaha, transaksi merupakan kegiatan rutin yang melibatkan berbagai pihak, termasuk penjual, pembeli, vendor, dan karyawan. Proses pembayaran yang dilakukan secara manual dan satu per satu tidak hanya membutuhkan waktu yang lama, tetapi juga dapat mengurangi produktivitas dan menghabiskan waktu yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk aktivitas lain yang lebih produktif. Oleh karena itu, banyak perusahaan kini beralih ke solusi digital, seperti sistem Payouts untuk kegiatan disbursement.

Dengan menggunakan sistem Payouts, perusahaan dapat melakukan pembayaran secara instan melalui satu platform terpadu. Fitur utama dari sistem ini adalah kemampuannya untuk mengirimkan dana ke multiple rekening atau akun sekaligus, termasuk ke bank yang beragam, dalam satu operasi. Ini menjadikan proses transaksi tidak hanya lebih cepat tetapi juga lebih efisien, sekaligus mengurangi potensi risiko.

2. Memudahkan Proses Audit
Ketika sebuah bisnis mengelola disbursement dengan cara yang terorganisir, hal ini mempermudah proses audit berkat adanya catatan transaksi yang rapi dan bukti pembayaran yang dapat langsung diintegrasikan ke dalam sistem audit.

Sistem Payouts dilengkapi dengan Dashboard dan Statements yang secara otomatis merekam semua transaksi. Ini mengeliminasi kebutuhan untuk menyimpan fisik bukti transaksi seperti struk ATM, karena semua informasi tersedia dan dapat diakses dengan mudah melalui Dashboard Payouts.

3. Keamanan Transaksi Terjamin
Mencatat dan memonitor disbursement secara berkala memungkinkan Anda untuk mengawasi alokasi anggaran bisnis dan memastikan tidak terjadi penyalahgunaan dana. Penggunaan Payouts memberikan ketenangan pikiran berkat sistem keamanan yang kuat.

Sebagai contoh, Prismalink Payment Gateway mengimplementasikan verifikasi otomatis setiap kali nomor rekening atau nomor ponsel tujuan dimasukkan, untuk menghindari kesalahan pengiriman. Pengguna juga memiliki opsi untuk penggunaan One-Time Password (OTP), menambah lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi.

Demikian ulasan tentang disbursement, termasuk keuntungan dan aplikasinya dalam dunia usaha Anda. Menggunakan layanan gateway pembayaran yang terpercaya seperti Prismalink, yang telah mendapatkan kepercayaan dari merchant-merchant besar seperti Tokopedia, Blibli.com, Periplus, dan masih banyak yang lainnya!

Dengan memanfaatkan solusi payouts dari Prismalink, proses pencatatan keuangan Anda akan menjadi lebih teratur dan transparan. Ini memungkinkan perusahaan Anda untuk lebih berkonsentrasi pada peningkatan dan pengembangan aspek lain dari bisnis.

Ingin #melangkahbersamaprismalink? Yuk, daftarkan segera bisnis Anda di https://prismalink.co.id/

apa itu disbursement
Baca juga: Apa itu Payment Collection dan Apa Saja Contohnya di Indonesia!
apa itu disbursement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top