Ketika keadaan pasar yang sedang stagnant, teknologi yang saat itu juga memiliki kendala, dan terjadi perubahan yang cepat dari perilaku pelanggan, bagaimana merk terkenal bisa memberikan kontribusi untuk pertumbuhan bisnis? Nah, untuk salah satu cara yang popular yaitu dengan melakukan brand extension. Brand extension adalah cara untuk memanfaatkan ekuitas brand terkenal dalam satu kategori dalam meluncurkan produk baru pada kategori yang berbeda. Tujuannya tak lain untuk memanfaatkan brand untukmemperluas bisnis yang sedang anda jalankan. Sebagai contoh saja, brand extension yang dilakukan oleh Lifebuoy ketika memperkenalkan produk shampo mereka.
Apabila terlebih dulu masyarakat sudah brand Lifebuoy untuk produk sabun mandi, pada saat mereka menemukan shampo dengan brand yang sama, tentunya kualitas tidak akan diragukan lagi dari pihak masyarakat. Dan ini juga termasuk keuntungan bisnis pada saat anda semuanya melakukan perluasan merek dagang maupun brand extension. Akan tetapi apabila brand extension yang dilakukan tidak tepat, anda justru bisa mengalami kerugian yang akhirnya berada pada asosiasi negatif masyarakat mengenai brand bisnis yang anda ciptakan.
Elemen Penting Untuk Menentukan Brand Extension
Untuk menciptakan brand extension, maka anda semuanya harus memahami elemen-elemen penting yang bisa menentukan apakah brand extension tersebut mempunyai potensial yang sesuai dengan brand.
1. Relevansi
Brand extension yang anda lakukan sebaiknya mempunyai relevansi pada brand inti bisnis anda. Apabila brand inti ada pada kategori fashion, buatlah brand extension yang masih mempunyai relevansi atau kaitan. Contohnya saja seperti aksesori. Karena, brand extension yang mempunyai relevansi kuat pada brand inti ini bisa untuk meningkatkan nilai perusahaan di mata masyarakat, mitra bisnis, bahkan juga para pesaing.
2. Kredibilitas
Kredibilitas ini merupakan kepercayaan pelanggan pada kapabilitas brand inti di dalam memperluas kategori produk lainnya. Produk dengan brand yang telah diyakini kualitasnya sekali pun terkadang belum tentu bisa meraih kesuksesan pada saat sang pengelola bisnis melakukan brand extension. Misalnya saja, Samsung yang telah berhadil dalam melakukan brand extension pada aneka ragam produk elektronik, dihasilkan dari kredibilitasnya menjadi brand image yaitu terdepan pada kategori elektronik mulai dari televisi, komputer, laptop, serta smartphone. Akan tetapi, kredibilitas Samsung belum tentu meraih keberhasilan saat mencoba merambah ke industri lain seperti fashion.
3. Transfer
Transfer ini termasuk persepsi kemampuan dan juga pengalaman dari sebuah brand yang dirasakan pelanggan. Yang mana, selanjutnya akan ditransfer kepada brand extension. Contohnya saja, keterampilan serta pengalaman Garuda Airlines Indonesia yang bisa dialihkan ke jasa pengiriman dalam dan luar negeri. Namun tidak bisa dialihkan pada jasa pembuatan visa serta asuransi perjalanan. Brand extension ini pastinya akan dipengaruhi oleh transfer brand inti dari perusahaan anda.
Pentingnya brand extension untuk suatu perusahaan ini bisa dimanfaatkan jika perusahaan mempunyai unit tersendiri yang melakukan research & development. Perusahaan juga harus melakukan alokasi investasi di R&D supaya bisa terus melakukan inovasi. Penciptaan produk baru di pasar memang tidak bisa terjadi begitu saja. Namun, diperlukan juga proses penelitian serta pengembangan yang memakan waktu sebelum produk dan jasa bisa diluncurkan pada pasar.
Kompetisi dengan pesaing-pesaing pada sebuah produk dan jasa juga merupakan faktor yang memicu banyak perusahaan dengan merk terkenal untuk bisa selalu berinovasi dan kreatif dalam menciptakan produk yang lainnya. Manfaatkanlah merk yang populer dari perusahaan untuk bisa terus melakukan inovasi. Dengan begitu, bisnis anda bisa sukses dan menuai keberhasilan yang sesungguhnya.