Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis. Tak mengherankan karena Instagram memiliki banyak pengguna yang potensial. Selain itu, Instagram juga mudah dioperasikan. Apalagi di dalam Instagram itu sendiri terdapat Instagram Analytics yang bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan sekaligus memajukan bisnis yang tengah anda tekuni. Untuk lebih mengenal fitur Instagram ini, ada baiknya anda simak ulasan yang kami bagikan di bawah ini.
Instagram Analytics
Instagram Analytics atau yang juga dikenal dengan Instagram Insights merupakan fasilitas analitik yang disediakan secara khusus untuk para pemilik akun bisnis. Dengan adanya fitur ini, anda bisa memperoleh berbagai data yang berkaitan dengan kinerja akun Instagram anda. Perlu diketahui bahwa Instagram Insights bisa membantu anda dalam menentukan target awal sekaligus membuat susunan tujuan jangka pendek maupun panjang secara mudah.
Cara Menggunakan Instagram Analytics
Bagi anda yang ingin memajukan bisnis yang tengah digeluti, pastikan anda memanfaatkan Instagram Insights. Mengenai bagaimana cara menggunakannya, anda bisa mulai dengan membuka profil Instagram yang anda miliki terlebih dahulu. Setelah itu, buka pengaturan profil Instagram anda dan akses menu pengaturannya. Anda klik opsi swtich to business profile dan ikuti jalur yang ada. Supaya hasil yang didapat lebih memuaskan, anda bisa menghubungkan akun Instagram bisnis anda dengan akun Facebook yang anda miliki.
Lain halnya untuk anda yang ingin mengakses data-data yang ada di Instagram Insights. Anda tinggal masuk ke profil Instagram anda dan klik ikon grafik statistik di bagian atas profil tersebut. Nantinya anda akan menemukan tab activity. Pada bagian interactions, anda bisa melihat jumlah tindakan yang diperoleh oleh akun Instagram anda. Lalu di bagian discovery, anda bisa mengetahui data jumlah jangkauan konten Instagram anda. Lanjut dengan klik tab content.
Di bagian feed posts, anda bisa melihat konten-konten yang telah dipublikasikan di feed Instagram anda. Anda klik see all. Nantinya anda juga akan menemukan kolom stories. Selain itu, ada juga promotions yang bisa anda akses untuk mengetahui data seputar kegiatan promosi yang anda lakukan di Instagram. Kemudian beralihlah ke tab audience. Di bagian ini, anda bisa mengakses data seputar pengikut atau audiens anda di Instagram.
Manfaat Instagram Analytics
Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari Instagram Insights. Adapun salah satu manfaat penggunaan Instagram Insights yaitu bisa mengetahui target audiens yang berinteraksi dengan konten anda. Dengan demikian, anda bisa lebih menarget sasaran calon konsumen yang akan menggunakan produk ataupun jasa yang anda tawarkan. Selain itu, Instagram Insights juga memungkinkan anda untuk mengetahui konten mana yang bisa menarik perhatian banyak target audiens. Hal ini tentu saja memudahkan anda dalam menciptakan inovasi ke arah yang lebih baik terhadap konten tersebut. Anda pun bisa membuat konten yang relevan dengan target audiens.
Tak hanya itu, manfaat dari Instagram Analytics lainnya yaitu bisa memperoleh banyak insight baru, menemukan social influencer yang sesuai, mempelajari waktu terbaik dalam memposting konten dan memprediksi level engagement. Selain itu, anda juga bisa melihat tipe konten seperti apa yang memperoleh engagement dan audiens paling tinggi. Dengan beragam manfaat yang anda peroleh tersebut, anda bisa mengembangkan bisnis yang tengah anda jalani. Jika dimanfaatkan secara baik, bisnis yang anda tekuni bisa mendapatkan banyak keuntungan. Maka dari itu, jangan lewatkan fitur yang satu ini.