Analisis SWOT merupakan suatu bentuk analisis yang asa di dalam suatu manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang mana bisa membantu di dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang di dalam mencapai suatu tujuan. Entah itu tujuan jangka pendek atau tujuan jangka panjang. Perlu anda ketahui, jika SWOT ini adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, serta Threats. Pengertian analisis SWOT yang lainnya yaitu merupakan sebuah bentuk analisa dari situasi dan juga kondisi yang sifatnya memang deskriptif atau memberi suatu gambaran.
Analisa ini juga menempatkan situasi dan juga kondisi untuk dijadikan sebagai sebagai faktor masukan. Setelah itu dikelompokkan sesuai dengan kontribusinya masing-masing. Satu hal yang harus selalu diingat oleh para pengguna analisa ini yaitu jika analisa SWOT ini hanya sebagai suatu sebuah analisa yang ditujukan guna menggambarkan situasi yang saat itu sedang dihadapi. Dan juga bukan merupakan sebuah alat analisa ajaib yang bisa memberikan jalan keluar untuk setiap permasalahan yang saat itu sedang dihadapi.
Komponen Analisis Swot
Perlu anda ketahui, di dalam analisis ini ada komponen yang harus anda ketahui. Berikut ini adalah komponen analisis SWOT:
a. Strenght (S)
Strenght ini merupakan analisis kekuatan, kondisi yang termasuk kekuatan dari suatu organisasi maupun perusahaan sekarang ini. Yang harus anda lakukan di dalam analisis ini yaitu setiap perusahaan maupun organisasi harus menilai kekuatan-kekuatan serta kelemahan dari pada dengan para pesaingnya. Sebagai contoh, jika perusahaan anda teknologinya maju, maka ini bisa anda manfaatkan untuk segmen pasar yang memerlukan tingkat teknologi serta kualitas yang lebih maju.
b. Weaknesses (W)
Weaknesses analisis kelemahan, situasi yang termasuk kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Termasuk cara menganalisis kelemahan pada sebuah perusahaan maupun organisasi yang menjadi kendala yang serius untuk kemajuan suatu perusahaan maupun suatu organisasi.
c. Opportunity (O)
Nah, ini bisa diartikan analisis peluang, situasi atau kondisi yang termasuk peluang diluar suatu organisasi maupun suatu perusahaan serta memberikan peluang berkembang untuk organisasi yang ada di masa depan. Langkah ini juga untuk mencari peluang di dalam memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi dapat berkembang ke depannya atau pada masa yang akan datang.
d. Threats (T)
Ini merupakan analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang sebaiknya dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi di dalam menghadapi aneka faktor lingkungan yang tidak menguntungkan dalam suatu perusahaan yang mengakibatkan kemunduran. Apabila ini tidak segera di atasi, maka ancaman ini bisa menjadi penghalang untuk suatu usaha yang ada kaitannya, baik di masa sekarang atau di masa yang akan datang.
Manfaat Analsis SWOT
Metode analisis SWOT ini juga dapat dinilai sebagai metode analisis yang paling dasar. Manfaatnya untuk melihat suatu topik maupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisa ini pada umumnya seperti arahan dalam mempertahankan kekuatan serta untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada. Sambil meminimalisir kekurangan dan juga menghindari ancaman. Apabila dipakai dengan benar, analisis ini bisa membantu dalam melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat saat ini.
Dengan demikian, bisa disimpulkan jika analisis SWOT ini termasuk instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. Analisis ini juga memiliki peran sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang ada pada suatu perusahaan maupun organisasi dan juga menekan dampak ancaman yang timbul serta yang harus dihadapi.