Promosi merupakan salah satu langkah yang sangat penting untuk dilakukan agar bisnis bisa berkembang lebih pesat dan mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Jenis jenis promosi yang bisa dilakukan dalam pemasaran produk di antaranya adalah dengan promosi secara fisik, promosi dengan media tradisional, serta promosi dengan media digital.
Tujuan dari promosi dalam strategi pemasaran di antaranya adalah untuk mengenalkan produk tertentu kepada masyarakat atau target konsumen, menginformasikan adanya produk baru, menunjukkan kualitas produk dan menarik konsumen untuk menggunakan produk. Dengan demikian, promosi memiliki peran yang cukup vital dalam menjalankan bisnis. Tanpa adanya promosi, maka bisa jadi produk tidak akan banyak diketahui. Akhirnya, penjualan pun sangat rendah, dan bisnis menjadi tidak lancar.
Oleh karena itu, dalam strategi bisnis, promosi merupakan salah satu hal yang wajib direncanakan agar penjualan produk bisa optimal. Promosi yang baik dan dibarengi dengan kualitas produk yang baik bahkan mampu mengangkat brand produk menjadi pilihan utama target konsumen.
Jenis Jenis Promosi untuk Mengembangkan Bisnis
Beberapa jenis promosi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis di antaranya sebagai berikut:
Promosi Produk secara Fisik
Promosi produk dapat dilakukan secara fisik, yakni dengan mengadakan bazaar, festival, atau kegiatan lain yang menarik target konsumen. Dengan melalui kegiatan tersebut, target konsumen bisa mengetahui produk-produk yang ditawarkan.
Keuntungan dari promosi secara fisik adalah konsumen dapat dijangkau secara langsung, sehingga pelaku bisnis bisa langsung berinteraksi dan menarik konsumen secara langsung. Konsumen juga akan dihadapkan langsung dengan berbagai produk yang ditawarkan, sehingga konsumen akan mengetahui kualitas produk. Adapun kekurangan dari promosi ini adalah luas jangkauan target konsumen yang cukup sempit, serta diperlukan biaya yang cukup besar.
Promosi Produk dengan Media Tradisional
Meskipun tergolong tradisional, jenis promosi yang satu ini masih banyak digunakan untuk menawarkan berbagai produk maupun jasa kepada target konsumen. Bentuk promosi dengan media tradisional di antaranya dengan menggunakan selebaran, poster, majalah, tabloid, koran, dan sebagainya.
Keunggulan yang ditawarkan dari promosi ini adalah jangkauan target konsumen yang lebih luas dibandingkan dengan promosi secara fisik. Melalui media tradisional tersebut, berbagai informasi yang dibuat menarik dimuat dan ditujukan kepada target konsumen. Namun demikian, biaya yang dibutuhkan untuk memasang iklan di media cetak juga memerlukan biaya yang cukup besar. Selain itu, tingginya angka smartphone juga seakan menggeser media cetak sebagai pusat berbagai informasi.
Promosi Produk dengan Media Digital
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, menjadikan media digital sebagai media yang sangat luas, mudah, dan efektif untuk digunakan sebagai media promosi. Hadirnya berbagai media sosial dan tingginya angka penggunanya juga menjadikan promosi produk semakin mudah dan murah namun dengan hasil yang cukup efektif.
Jika dibandingkan dengan promosi fisik maupun media tradisional, media digital dinilai jauh lebih efektif jika digunakan sebagai media promosi. Dari segi luas jangkauan, media digital memiliki jangkauan yang sangat luas, bahkan hingga ke berbagai penjuru dunia. Jenis jenis promosi di atas bisa Anda terapkan dalam mempromosikan produk bisnis Anda. Untuk promosi yang lebih mudah, murah, dan efektif, di era seperti saat ini, Anda bisa menggunakan berbagai media sosial yang Anda miliki. Melalui facebook, instagram, atau twitter, produk Anda akan segera tersebar luas dan dilihat oleh jutaan pengguna media sosial lainnya.