Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah promosi. Pengertian promosi merupakan sebuah aktivitas komunikasi yang dilakukan dengan tujuan memperkenalkan atau menawarkan sebuah produk. Hal ini bertujuan untuk menarik calon pembeli atau konsumen dengan produk tersebut. Jika tidak ada promosi, maka sebaik apapun kualitas sebuah produk tentu tidak bisa dikenal oleh calon konsumennya. Sebaliknya, bila produk mempunyai kualitas pas-pasan tetapi dengan metode dan contoh promosi produk yang tepat. Maka produk akan lebih mudah terjual.
Sebenarnya ada berbagai macam contoh promosi produk yang bisa anda ketahui untuk diterapkan dalam bisnis online. Namun sebelum kita membahasnya, kita harus tahu terlebih dahulu tujuan promosi secara umum. Promosi dilakukan untuk menyebarluaskan informasi mengenai produk pada calon konsumen yang potensial. Selain itu, promosi juga bertujuan untuk mendapatkan konsumen baru dan menjaga nilai moralitas konsumen yang telah ada. Dengan cara promosi juga berguna sebagai upaya menunjukkan keunggulan produk yang bisa membedakannya dengan produk pesaing.
Berbagai Contoh Promosi Produk
Di bawah ini adalah beberapa contoh promosi untuk beberapa produk dalam bisnis online. Anda bisa mencoba menerapkan salah satunya untuk menarik customer agar membeli produk yang ditawarkan. Apa saja itu? berikut ini adalah ulasan lengkapnya.
Diskon
Potongan harga atau diskon merupakan benefit yang dapat diperoleh konsumen saat melakukan pembelanjaan produk. Berupa pengurangan harga dengan persentase yang sudah ditentukan. Diskon diberikan saat itu juga untuk mengurangi jumlah harga aslinya. Bukan rahasia lagi bahwa diskon hanya permainan harga. Sebelum mendapat diskon, harga barang biasanya dinaikkan terlebih dahulu. Walaupun begitu, promosi lewat diskon masih cukup efektif.
Misalnya sebuah brand memberikan diskon sebesar 25% bagi produk yang punya harga asli 1 juta. Untuk membeli produk tersebut, anda hanya harus membayar 750 ribu saja karena diskonnya sebesar 25%.
Cashback
Berbeda dari diskon, cashback merupakan penawaran yang memungkinkan konsumen mendapatkan pengembalian uang tunai atau berupa uang virtual dengan presentase tertentu yang sudah memenuhi syarat.
Misalnya sebuah brand telah memberikan promo cashback 10% saat anda melakukan belanja minimal Rp500.000. Maksimal jumlah cashback Rp100.000. Dengan begitu, anda hanya belanja Rp500.000 dan cashback yang didapatkan adalah Rp50.000. Sementara bila anda ingin mendapat cashback Rp100.000, maka anda harus melakukan belanja minimal sebesar 1 juta.
Metode promosi cashback ini cukup populer. Terbukti ada banyak marketplace besar yang memakai metode ini. Start up seperti Cashbac dan Shopback juga menyediakan bonus cashback setiap kali berbelanja online.
Buy 1 Get 1 Free
Salah satu alternatif promosi yang bisa diterapkan salah satunya adalah Buy 1 Get 1 Free. Bisa dibilang promo ini merupakan nama lain diskon tapi bersyarat. Membeli satu gratis satu sama seperti membeli produk yang memperoleh diskon 50%. Sebab sebenarnya yang terjadi adalah konsumen dipaksa untuk membeli 2 produk sekaligus. Jenis promosi ini sangat efektif dalam mempercepat perputaran kas bisnis, walaupun keuntungannya tidak sebanyak harga normal .
Flash Sale
Salah satu contoh promosi produk dalam bisnis online adalah dengan menggunakan flash sale. Flash sale ini merupakan penjualan kilat yang pada dasarnya hampir sama seperti potongan harga atau diskon. Namun barang yang dijual umumnya tidak banyak dan tersedia dengan waktu yang singkat. Flash sale efektif untuk meningkatkan brand awareness. Strategi ini dinilai efektif agar menarik minat audiens. Beberapa brand besar juga sudah menerapkan strategi ini.