Teknik membuat headline atau judul sangat penting untuk dimiliki dalam membuat judul untuk kegiatan iklan atau promosi. Sebab, dalam melakukan iklan atau promosi, maka sang pembuat promosi harus bisa berhasil menarik perhatian target konsumennya. Dengan banyak pemirsa yang tertarik, maka kemungkinan besar penjualan produk yang ditawarkan juga akan semakin tinggi.
Headline merupakan salah satu bagian pokok dari iklan atau promosi. Bagian pertama yang menjadi perhatian dari para pemirsa. Jika judul dari iklan sudah berkualitas dan begitu menarik, maka kemungkinan besar pemirsa akan membaca isi dari promosi tersebut. Bahkan, suatu promosi yang berisi konten yang berkualitas, jika tidak menggunakan headline yang tepat, maka bisa jadi lalu lintas pengunjungnya akan sangat rendah. Oleh karena itu, menyusun headline harus memperhatikan kualitas dan daya tariknya terhadap para pemirsa.
Teknik Membuat Headline Agar Promosi Lebih Efektif
Berikut ini beberapa teknil membuat headline yang baik dan benar agar promosi yang dilakukan lebih efektif dalam menarik target konsumen:
Headline Menarik Perhatian Pemirsa
Tujuan utama dari iklan adalah menarik minat perhatian pemirsa dan mengajak untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini dapat diwujudkan apabila iklan memiliki daya tarik bagi para pemirsa yang mengaksesnya. Adapun, kriteria ketertarikan para pemirsa sangatlah bervariasi, dengan demikian, pembuat iklan harus menyesuaikan dengan perailaku konsumen. Dengan menyesuaikan iklan terhadap perilaku konsumen, maka iklan akan memiliki daya tarik serta ajakan yang baik.
Menyampaikan Informasi dengan Tepat Sasaran
Iklan yang berkualitas dan menarik para pemirsanya adalah yang memiliki judul yang singkat, padat, dan jelas, sehingga bisa langsung tepat sasaran. Headline yang terlalu panjang dan cenderung berbelit-belit justru menjadikan pemirsa enggan melanjutkan untuk membaca dan memahami iklan. Pastikan bahwa judul iklan sederhana namun mampu menampung seluruh makna dan pesan yan gingin disampaikan.
Menggunakan Bahasa yang Sederhana dan Mudah Dipahami
Penggunaan bahasa yang digunakan dalam headline juga dapat mempengaruhi kualitas dan daya tarik dari iklan itu sendiri. Iklan dengan bahasa yang sulit dipahami tentu akan menjadikan pemirsanya enggan untuk menilik iklan tersebut. oleh karena itu, akan lebih baik jika headline iklan dibuat dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh banyak orang. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar lebih efektif jika dibandingkan dengan penggunaan bahasa daerah atau bahasa negara lain.
Bersifat Mengajak atau Persuasif
Tidak hanya untuk menarik perhatian para pemirsa, iklan juga ditujukan untuk bisa mempengaruhi para pemirsa untuk melakukan hal tertentu, termasuk menggunakan produk yang ditawarkan. Umumnya, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kalimat perintah sebagai judul. Dengan demikian, pemirsa akan merasa terajak untuk melakukan seperti yang disampaikan oleh pesan dalam iklan. Meskipun demikian, kalimat perintah harus tetap disusun dengan penggunaan bahasa yang baik dan benar, sederhana, dan mudah untuk dipahami.
Beberapa hal di atas merupakan bagian dari teknik membuat headline iklan yang berkualitas dan menarik. Hal ini bertujuan agar iklan atau promosi dapat tampil lebih menarik meskipun para pemirsa baru melihat dari judulnya saja. Setelah tertarik pada judulnya, maka kemungkinan besar pemirsa akan tertarik untuk melanjutkan membaca isi dari iklan yang disampaikan. Dengan demikian, peluang pemirsa menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan akan semakin besar.