Segmenting targeting positioning adalah 3 komponen yang memiliki peranan penting yang harus dijalankan dalam rangkaian strategi promosi sebuah perusahaan. Perkembangan pemikiran dalam melakukan sistem pemasaran disadari atau tidak, sejalan dengan perkembangan zaman dan pemikiran masyarakat di berbagai wilayah. Hal ini dapat terjadi karena pemikiran di bidang ini selalu beriringan dengan kehidupan masyarakat yang selalu berfikir alternatif. Dimana masyarakat selalu berhadapan dengan suatu pilihan dan sumber daya yang terbatas untuk mampu memberikan kepuasan secara maksimal.
Pengertian Tentang Segmenting Targeting Positioning
1. Segmenting
Segmentasi pasar adalah tindakan mengelompokkan pasar ke dalam kelompok-kelompok dengan bemacam-macam kategori. Hal ini memiliki tujuan agar kondisi tersebut memungkinkan kebutuhan produk yang berbeda atau kombinasi pemasaran yang terpisah. Segmentasi pada dasarnya dapat diartikan proses membagi pasar menjadi beberapa bagian yang lebih kecil berdasarkan dari jenis yang memiliki nilai. Dengan segmentasi pasar dapat berjalan sesuai rencana sehingga dapat memperoleh keuntungaan yang maksimal serta dapat memberikan kepuasan untuk konsumen.
Aspek demografis, psikografis, perilaku konsumen, atau behvior adalah beberapa variabel yang harus anda perhatikan benar-benar. Segmentasi pasar merupakan faktor kunci agar dapat mengalahkan pesaing dengan menerapkan pandangan dari sudut yang unik dan cara yang lain dari yang dilakukan pesaing.
2. Targeting
Menetapkan target pasar yang ingin anda jadikan sasaran juga penting dilakukan untuk proses managemen anda. Target pasar ialah tindakan menilai minat atau ketertarikan dari berbagai segmen pasar. Target pasar merupakan suatu kelomok yang dapat anda pilih untuk dijadikan sebagai calon konsumen dengan melakukan segmentasi dan penargetan. Ada empat strategi pasar yang dapat anda jadikan referensi bisnis anda yaitu, undifferentiated targeting strategy, differentiated targeting strategy, concentrated targeting strategy, dan custom targeting strategy. Dengan menerapkan empat strategi ini akan membantu anda menentukan target pasar sesuai dengan karakter yang sama.
3. Positioning
Penempatan produk memiliki upaya utuk menempatkan posisi produk dalam menghadapi persaingan. Berkembangnya strategi ini memiliki tujuan untuk mempengruhi bagaimana suatu segmentasi pasar dengan menilai produk maupun jasa yang dibandingkan dalam kopetisi pasar. Sedangkan untuk menentukan posisi pasar sebaiknya anda menunjukkan bahwa produk dapat dikelompokkan dari kompetitornya. Penempatan produk pada hakikatnya adalah menanamkan sebuah persepsi, identitas, dan kepribadian di dalam fikiran konsumen. Jangan sampai anda salah langkah yang dapat mengakibatkan konsumen anda kecewa. Agar postingan kuat maka anda harus selalu konsisten dan tidak berubah, karena jika hal ini terjadi maka perubahan akan meimbulkan kebingungan pada konsumen.
Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam menentukan penempatan produk sebuah pasar, ada juga faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penempatan pasar yaitu:
- Atribut yang menjadi unggulan produk dan merk perusahaan
- Segmen pasar dari pelanggan yang ditagetkan
- Proposisi nilai dan manfaat yang dapat diberikan oleh perusahaan.
- Pencapaian perusahaan yang telah dihasilkan
- Bisnis baru yang dimiliki
Jadi segmenting targeting positioning itulah yang dapat anda ketahui dalam strategi pemasaran. Jika hal itu sudah berhasil maka anda juga harus menyediakan kemudahan untuk transaksi yang akan dilakukan. Dengan ke 3 komponen tersebut anda dapat melakukan pemasaran dengan baik sehingga dapat memperoleh hasil yang optimal yaitu menarik minat konsumen agar mereka melakukan transaksi pembelian. Anda dapat memilih sistem transaksi yang dapat secara langsung dilakukan melalui website agar mempermudah konsumen melakukan transksi pembayaran secara bersamaan saat mereka melakukan pemesanan.