Logo PrismaLink

Apa itu Landing Page? 5 Tips Mudah Cara Membuatnya!

apa itu landing page

Apa itu Landing Page — Landing page adalah salah satu strategi marketing menggunakan website yang terbukti berhasil meningkatkan engagement pengguna. Apa sebenarnya Landing Page? Landing Page merupakan Sebuah halaman web yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu disebut landing page. Para pemilik website biasanya menggunakan landing page untuk promosi dan juga capture leads. Simak artikel selengkapnya yuk!

Apa itu Landing Page?

Landing page adalah sebuah halaman web yang digunakan untuk tujuan tertentu yang ditandai dengan satu atau dua tombol Call-to-action (CTA). Berbeda dengan halaman utama, yang merupakan halaman perkenalan merek dan menampilkan semua yang ditawarkan oleh website tersebut, dan tentunya memiliki banyak CTA, landing page hanya menawarkan kampanye, baik itu berupa promosi produk, peluncuran produk, dan sebagainya.

Salah satu tujuan dari landing page adalah untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung melalui penggunaan teknik SEO off-page dan on-page yang lebih baik. Ini akan membantu landing page muncul lebih baik di SERP atau mendatangkan organic traffic. Selain itu, dengan menggunakan iklan, situs web dapat ditampilkan di posisi teratas dalam mesin pencari.

Apa Saja Tipe-Tipe Landing Page?

Landing page dirancang khusus untuk sebuah kampanye tertentu. Berdasarkan fungsinya, landing page dapat dibagi menjadi kategori berikut:

  • Leads Generating Landing Page
    Landing page yang menghasilkan lead adalah jenis landing page yang dirancang untuk menghasilkan lead, di mana lead adalah data pengunjung website. Saat waktunya tiba, data ini dapat digunakan untuk strategi marketing yang lebih kompleks. Data biasanya termasuk nama dan alamat email pengunjung. Mungkin juga mencakup nomor telepon dan nama akun sosial media.
  • Click-Through Landing Page
    Jenis landing page yang disebut “klik-through” memiliki promosi atau potongan harga untuk barang atau jasa dan bertujuan untuk mendorong pengunjung website untuk segera membeli barang atau jasa tersebut.
  • Explainer Landing Page
    Tidak seperti dua jenis di atas, explainer landing pages memiliki fungsi yang lebih terstruktur dan biasanya lebih panjang dan mengandung banyak informasi. Explainer landing pages menampilkan manfaat dan fitur produk atau layanan yang berguna untuk mengedukasi pengunjung sekaligus membuat mereka tertarik pada merek tersebut.
  • Product Detail Landing Page
    Produk detail landing page adalah situs web yang berisi informasi rinci tentang produk atau layanan tertentu. Tujuan dari product detail landing pages biasanya adalah untuk mendorong pengunjung situs web untuk segera membeli produk di sana.

4 Manfaat Menggunakan Landing Page

Berikut adalah 4 manfaat utama menggunakan landing page:

  • Meningkatkan Traffic Website
    Salah satu manfaat utama menggunakan landing page adalah meningkatkan traffic ke website. Meningkatkan jumlah pengunjung yang mengunjungi situs web seseorang dapat membantu merek menjadi lebih dikenal dan menarik perhatian konsumen.
  • Meningkatkan Tingkat Konversi
    Setiap orang yang mengunjungi landing page memiliki kesempatan untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, semakin banyak orang yang mengunjungi landing page, semakin besar peluang untuk melakukannya.
  • Capture Data Leads Pengunjung
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemilik situs web dapat menggunakan landing page mereka untuk mengumpulkan informasi prospektif seperti nama, alamat email, nomor telepon, dan akun media sosial. Selain itu, jika seseorang meminta informasi dari pengunjung ke landing page mereka, data ini juga dapat diperoleh.
  • Media untuk Promosi
    Landing page biasanya berfokus pada satu produk, sehingga Anda dapat membuat promosi yang lebih spesifik meskipun Anda memiliki banyak produk lainnya. Ini menjadikannya media promosi yang mudah digunakan.

Tips-Tips Membuat Landing Page

  • Buatkan Headline yang Menarik
    Headline yang menarik, padat, dan jelas memberikan gambaran keseluruhan landing page, yang menjadikannya hal pertama yang dilihat oleh pengunjung.
  • Tulis Fitur dan Keunggulan Layanan atau Produk yang Ditawarkan
    Jelaskan secara rinci apa yang Anda tawarkan dan kelebihannya. Menuliskan ini akan membuat pengunjung lebih memahami apa yang Anda tawarkan dan membuat mereka lebih tertarik untuk membeli produk Anda.
  • Input Gambar atau Video
    Gambar atau video secara tidak langsung meningkatkan konversi karena sebagian besar pelanggan hanya melihat sesuatu yang menarik perhatian mereka sebelum mempelajari lebih lanjut tentang produk.
  • Tuliskan Review dari Pelanggan
    Testimoni pelanggan ini meyakinkan pelanggan untuk membeli barang melalui pendapat orang lain yang pernah membeli barang tersebut.
  • Tombol CTA
    Terakhir, berikan pengunjung yang tertarik tombol CTA yang mengarah langsung ke laman order produk.

Singkatnya, Landing Page yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan engagement penguin dan perolehan prospek secara signifikan. Dengan mengikuti tips berikut, Anda dapat membuat Landing Page yang menarik calon pelanggan dan mendorong penjualan!

Ingin #melangkahbersamaprismalink? Yuk, daftarkan segera bisnis Anda di https://prismalink.co.id/

apa itu landing page
Baca juga: Apa itu Affiliate Marketing dan Bagaimana Cara Kerjanya?
apa itu landing page

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top