Pemasaran sangat penting untuk dilakukan dalam menjalankan suatu bisnis. Hal ini dikarenakan pemasaran bertujuan untuk mengenalkan produk ataupun jasa ke lebih banyak orang. Untuk memudahkan kegiatan pemasaran pun, ada Google Tag Manager yang bisa anda manfaatkan sebaik mungkin. Supaya pemanfaatannya memberikan hasil yang memuaskan, ada baiknya anda simak dulu ulasan mengenai definisi lengkap dengan fungsi Google Tag Manager berikut ini.
Definisi Google Tag Manager
Google Tag Manager merupakan salah satu produk yang dihadirkan oleh Google. Produk yang dikeluarkan pada tahun 2013 ini diperkenalkan secara khusus untuk memudahkan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Pemanfaatan Google Tag Manager ini pun sangat direkomendasikan untuk perusahaan yang berbasis online maupun perusahaan komersial lainnya. Dikarenakan terbukti efektif dan praktis, pastikan anda tak melewatkan Google Tag Manager ini.
Fungsi Google Tag Manager
Setelah anda mengetahui definisinya, saatnya anda beralih untuk menyimak apa saja fungsinya. Dimana fungsi Google Tag Manager itu sendiri berbeda-beda untuk tiap bagiannya. Adapun bagian yang ada di Google Tag Manager yaitu tag, triggers dan variables. Tags ialah serangkaian kode yang sebagian besar JavaScript. Kode inilah yang ditambahkan pada website. Untuk triggers berfungsi untuk menentukan kapan dan dimana tags nantinya akan ditambahkan. Sementara untuk variables berfungsi dalam menerima atau menyimpan informasi yang akan dipakai oleh tags dan triggers.
Perlu untuk anda ketahui, Google Tag Manager mampu membantu anda dalam menyederhanakan proses menambahkan kode ke dalam website yang memang rumit. Hal ini dikarenakan Google Tag Manager didukung dengan user interface yang berkualitas. Dengan demikian, penambahan tags yang anda lakukan hanya akan melewati serangkaian langkah yang praktis. Anda pun tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk bersinggungan dengan JavaScript.
Adanya Google Tag Manager tak hanya memudahkan anda dalam menambahkan tags ke dalam website saja, melainkan juga mengubah tags. Selain itu, Google Tag Manager juga memudahkan anda dalam menghapus tags dari website. Hal yang pasti, semua langkah yang perlu anda lakukan nantinya jauh lebih sederhana daripada cara pada umumnya. Kegiatan pemasaran yang anda lakukan benar-benar akan terbantu dengan adanya Google Tag Manager. Pemasaran yang anda lakukan pun bisa berjalan lancar dan efektif.
Manfaat Google Tag Manager
Pada kesempatan kali ini, kami juga akan mengajak anda untuk mengulas mengenai manfaat dari penggunaan Google Tag Manager. Adapun salah satu manfaat Google Tag Manager yaitu gratis. Google Tag Manager memiliki berbagai fitur yang bisa anda gunakan secara mudah dan tanpa biaya. Sebut saja fitur accounts and user roles, supported tags, tag firing rules dan masih banyak lainnya. Selain bisa dimanfaatkan secara gratis, Google Tag Manager juga bisa melacak berbagai hal penting secara mudah. Misalnya saja, video YouTube, print tracking dan masih banyak lainnya.
Manfaat Google Tag Manager lainnya yaitu ramah digunakan dengan Google Analytics. Fitur-fitur yang ada di Google Analytics bisa dimanfaatkan secara mudah jika dipadukan dengan Google Tag Manager. Bahkan pemanfaatan fitur pelacakan User ID sekalipun. Seperti yang diketahui, fitur tersebut memungkinkan anda untuk mengukur pengguna nyata jika dibandingkan dengan perangkat yang dipakai. Hal ini memungkinkan data yang diperoleh bisa lebih akurat. Dengan fungsi Google Tag Manager yang mumpuni, manfaat yang diberikan pun terbukti menguntungkan. Dengan demikian, akan terasa sangat sayang jika anda tak menggunakan Google Tag Manager ini.