Logo PrismaLink

Mengenal Peran Payment Aggregator di Indonesia

Seperti yang kita ketahui, saat ini pembayaran online sudah menjadi hal yang lumrah dalam proses belanja era modern. Cukup berbekal smartphone, kita bisa belanja dimanapun dan kapanpun.

Namun, tahukah kamu, apa dan bagaimana seseorang bisa belanja cukup menggunakan smartphone? Disinilah peran penting Payment Aggregator di Indonesia. Secara sederhana, Payment Aggregator di Indonesia bertindak sebagai Payment Processor atau Payment Facilitator yang memfasilitasi terjadinya proses pembayaran online secara lancar, aman dan mulus.

Sekarang, ada banyak Payment Facilitator atau Payment Aggregator di Indonesia. Sebut saja salah satunya adalah PrismaLink. Tertarik ingin tahu lebih dekat tentang Payment Aggregator atau Payment Facilitator? Yuk, cari tahu di artikel berikut!

Apa itu Payment Aggregator?

Payment Aggregator adalah model bisnis di mana penyedia pembayaran pihak ketiga mendaftar sebagai mitra pembayaran untuk memproses transaksi melalui satu akun master. Dengan kata lain, payment aggregator atau payment facilitator memungkinkan pedagang untuk mulai menerima pembayaran dan transfer uang online tanpa rekening pedagang individu dengan bank atau penyedia layanan keuangan.

Dengan menggunakan payment aggregator, pedagang dapat menghemat waktu, upaya, dan biaya dalam mengintegrasikan dan mengelola berbagai metode pembayaran. Mereka dapat mengakses berbagai pilihan pembayaran yang ditawarkan oleh payment aggregator, memungkinkan pelanggan untuk memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan preferensi mereka.

Dalam keseluruhan, payment aggregator memberikan solusi pembayaran yang terintegrasi, aman, dan efisien bagi pedagang dan pelanggan. Mereka menyederhanakan proses pembayaran, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan membantu meningkatkan efisiensi bisnis.

Apa Manfaat Payment Aggregator atau Payment Facilitator?

Sebagai pedagang, tentunya kepuasan pelanggan menjadi hal prioritas. Seperti kemudahan dalam menerima pembayaran online. Nah, di sini payment aggregator atau payment processor akan membantu proses pembayaran online dalam hitungan detik.

Berikut adalah keuntungan Payment Aggregator atau Payment Facilitator:

  • Kemudahan aplikasi. Pendaftaran atau permohonan menggunakan Payment Aggregator atau Payment Processor sangat mudah dan cepat.
  • Kemudahan integrasi. Payment Aggregator menyediakan integrasi yang mudah dengan berbagai metode pembayaran, termasuk kartu kredit, debit, dompet digital, transfer bank, dan lainnya.
  • Terima pembayaran secara instan. Setelah aplikasi diproses, pedagang e-commerce dapat langsung mulai menerima pembayaran.
  • Struktur biaya sederhana. Karena Payment Aggregator atau Payment Processor memiliki struktur biaya sederhana, biasanya tanpa kontrak tetap, lebih mudah bagi pedagang untuk memahami berapa banyak yang akan mereka keluarkan untuk biaya set-up.

Berapa Biaya Payment Aggregator?

Dari segi biaya, sebenarnya sangat bervariasi bergantung pada model bisnis dan paket yang diminta. Sekalipun ada biaya untuk memproses transaksi pembayaran online, namun payment aggregator di indonesia sangat cocok untuk usaha kecil, UKM, startup, atau perusahaan berkembang.

Sub merchant biasanya hanya perlu membayar ketika terjadi proses transaksi, jadi bukan biaya bulanan. Bergantung pada proyeksi pertumbuhan dan sasaran bisnis, kamu mungkin perlu memutuskan apakah akun payment aggregator sesuai dengan kebutuhan usaha.

Apa Perbedaan Payment Aggregator dan Payment Gateway?

● Payment Gateway

Sederhananya,  Payment Gateway adalah layanan perangkat lunak yang memungkinkan bisnis e-commerce untuk memproses transaksi di situs web/aplikasi mereka. Mereka mengizinkan penerimaan pembayaran melalui kartu kredit/debit, transfer bank, dompet elektronik, dan sebagainya.

● Payment Aggregator

Sementara, Payment Aggregator di Indonesia seperti PrismaLink merupakan penyedia layanan yang menyediakan berbagai metode pembayaran untuk pedagang. Kunci perbedaan layanan payment aggregator di Indonesia adalah saat payment aggregator mendigitalkan titik pembayaran online dan offline. Jadi, payment aggregator memfasilitasi transaksi online dan offline.

Termasuk pencatatan uang tunai, cek, serta mode pembayaran digital di semua titik kontak online (situs web, aplikasi) atau offline (di loket penagihan, di mana saja di dalam toko, kios, di lapangan, dan jarak jauh berbasis SMS pembayaran). Sehingga, pedagang bisa lebih mudah menerima pembayaran dari semua tokonya, baik toko online maupun offline.

Hubungi PrismaLink untuk Mulai Menerima Pembayaran Secara Online dan Offline di Era Digital!

Jangan tunda lagi, ini saatnya menaikkan omset bisnismu dengan kemudahan pembayaran bagi pelanggan toko online dan offline melalui PrismaLink. Kontak tim marketing sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top