Dalam menjalankan suatu bisnis pastinya harus dilakukan beberapa hal untk bisa mencapai kesuksesan. Co Creation ini sebenarnya adalah salah sat upaya untuk mengajak konsumen atau pelanggan yang terlibat untuk menciptakan nilai tambah. Jika konsep co-creation yang dibangun dalam bisnis ini bisa berhasil, perusahaan akan merasa diuntungkan. Mereka dapat berupaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yang pada akhirnya dapat menghasilkan laba jangka panjang yang lebih baik. Perusahaan juga dapat mereduksi biaya, karena konsumen yang terlibat dan bisa mengurangi risiko kegagalan dalam produk baru.
Konsep Co Creation ini juga diketahui sebagai salah satu strategi pemasaran baru. Yang mana pihak ketiga ikut serta dilibatkan dalam mengembangkan sebuah produk. Co Creations ini juga merupakan solusi pada saat research and development pada sebuah departemen menjadi terlalu mahal. Disatu sisi, dengan melibatkan customer pada pengembangan sebuah produk, maka bisa menimbulkan efek psikologis untuk konsumen terhadap produk tersebut. Selanjutnya diharapkan antara konsumen dan produk tercipta kedekatan dalam bentuk loyalitas.
Konsep Co Creation
Konsep co-creation dibutuhkan untuk mengidentifikasi nilai manfaat pada waktu interaksi sebagai sesuatu yang aktif, kreatif serta proses sosial sesuai dengan kolaborasi antara pemangku kepentingan yang telah terkait. Hal ini termasuk bentuk berkolaborasi antara pemerintah serta masyarakat yang dipergunakan di dalam meningkatkan pengetahuan kebutuhan masyarakat dengan cara melibatkan masyarakat secara langsung untuk menciptakan makna dan nilai, walaupun diprakarsai oleh pemerintah.
Pemerintah bisa mengetahui siapa saja yang harus diajak kerja sama, contohnya saja seperti masyarakat. Dengan mengetahui peran serta fungsi bagaimana membangun kebersamaan dan juga memperkirakan manfaat yang dapat diciptakan. Selain itu juga berbagi manfaat untuk masing-masing pihak yang berkolaborasi (ini merupakan langkah jangka panjang).
Upaya Menciptakan Co Creation
Untuk menciptakan nilai bersama (co-creation) ini memerlukan upaya yang besar dari keseluruhan pihak yang terkait. Entah itu dari pemerintah maupun dari masyarakat. Orang yang terlibat juga harus berpikir apa yang mereka inginkan untuk dijadikan sebagai output dari hubungan kerja sama yang terjalin. Dibutuhkannya kepercayaan masyarakat pada pemerintah jika pemerintah tidak akan menyalahgunakan informasi yang mereka berikan. Tidak juga untuk memanfaatkan secara sepihak kerja sama itu. Pemerintah pun sebaiknya juga secara aktif bisa mengelola serta menggali harapan dari masyarakatnya mengenai apa yang diinginkan oleh masyarakat.
Pertimbangan ini bisa membawa ide layanan yang dinamis bersama dengan proses interaksi tempat pemerintah serta masyarakat bisa saling belajar dan juga bisa saling berkolaborasi dengan cara bertukar pengalaman. Ada berbagai macam hal yang perlu dimiliki oleh setiap pihak untuk mendukung terjadinya co-creation. Diantaranya yaitu omunikasi yang efektif, partisipasi, tanggung jawab, open-minded. Selain itu juga harus bisa fokus, pantang menyerah, saling percaya, saling berbagi, dan pastinya juga bisa saling terbuka.
Customer Co-Creation
Customer Co-Creation termasuk langkah kerjasama yang nyata antara anda bersama dengan pelanggan anda. Diantranya dengan cara bertukar pikiran dan juga bertukar pendapat, di dalam menciptakan produk dan jasa baru. Anda semua juga dapat memberikan saran yang sesuai dengan pengalaman masing-masing pelanggan. Customer Co-Creation, sebaiknya juga dimanfaatkan dalam penerapan strategi marketing bisnis yang anda jalankan.
Sebab, dengan melakukan Customer Co-Creation, bagi para pelanggan, mereka akan memperoleh suatu produk maupun jasa seperti yang mereka inginkan. Setidaknya juga sudah mendekati. Kemudian bagi perusahaan, mereka akan mendapatkan keuntungan yang lebih, sebab mereka bisa menjual sesuatu yang memang dicari oleh pasar.