Jika berbicara tentang work life balance, ternyata ada banyak dari kita yang belum memilikinya. Di satu sisi anda bisa saja terlalu asyik bekerja hingga mengabaikan kehidupan nyata yang anda miliki di kantor. Atau di sisi lain anda terlalu fokus pada kehidupan pribadi hingga tugas dan tanggung jawab pekerjaan kantor tidak terselesaikan dengan baik. Keduanya tentunya tidak baik untuk kehidupan anda. Padahal bila anda dapat mengatur semuanya dengan baik mulai dari pekerjaan dan kehidupan anda, maka bisa berjalan dengan sesuai.
Pengertian Work Life Balance
Bila diterjemahkan, work life balance artinya keseimbangan antara pekerjaan dan juga kehidupan pribadi. Ada banyak definisi dari istilah ini, tetapi secara sederhana ini merupakan kondisi dimana pekerja dapat mengatur waktu dengan seimbang antara pekerjaan dengan kebutuhan pribadi.
Seseorang yang mempunyai keseimbangan baik dalam pekerjaannya maupun kehidupan pribadinya biasanya mereka adalah pekerja yang produktif dan berkinerja tinggi. Selain itu dirinya juga lebih bahagia dan kreatif karena lingkungan luar kantor seperti pertemanan dan juga rumah mendukung pertumbuhannya.
Namun sebaliknya, bila seseorang tidak punya keseimbangan dalam kehidupan maupun pekerjaannya. Maka kinerja nya cenderung merosot dan dapat merusak bidang kehidupan lain. Kebanyakan hal ini disebabkan dari tingginya tuntutan pekerjaan zaman sekarang ini.
Manfaat Work Life Balance
Ada berbagai macam manfaat yang bisa diperoleh dari work life balance asalkan anda tahu bagaimana cara untuk mengatur nya. Apa saja manfaat itu? Berikut informasi selengkapnya untuk anda.
1. Lebih Bahagia
Apakah anda mengetahui bila anda bekerja dengan ritme yang benar maka itu akan lebih mudah mencapai hasil seperti yang anda inginkan? Selain itu anda juga akan merasa lebih bahagia. Setiap orang diciptakan untuk bisa meraih sebuah pencapaian. Kepuasan batin yang dirasakan ketika mencapai atau menghasilkan sesuatu dengan baik bisa membawa efek penyembuhan yang sangat luar biasa untuk tubuh.
2. Kinerja Semakin Produktif
Tubuh di desain oleh sang pencipta dengan sangat sempurna dan anda harus memperhatikan cara kerjanya. 24 jam waktu anda dalam sehari dibagi antara 8 jam kerja, 8 jam aktivitas non kerja, dan 8 jam tidur. Sebaiknya anda usahakan untuk mengikuti pola yang sudah ada. Hindarkan memaksa diri anda untuk lembur atau bekerja ekstra. Sebab semakin lama anda bekerja tentunya konsentrasi anda akan semakin menurun.
Minuman berenergi, kopi atau semacamnya hanya dapat membantu jangka pendek dan cenderung bisa merusak kondisi fisik anda untuk jangka panjang. Dengan pola kerja aktivitas dan juga tidur yang baik, anda bisa lebih produktif karena penggunaan energi digunakan sesuai porsinya.
3. Kreatifitas Meningkat
Apakah anda pernah merasa lelah atau tidak memiliki waktu untuk berekreasi dan berkumpul dengan keluarga atau teman? Atau mungkin anda sedang mengalami masalah? Apakah anda dapat merasa rileks dan lebih kreatif? Tentu tidak kan? Anda tentu akan merasa sedang mengalami kebuntuan otak atau susah berpikir. Orang kreatif bebas dari berbagai hambatan yang ada dalam pikirannya. Itulah mengapa penting sekali bagi anda untuk menjaga keseimbangan antara kerja dan kehidupan anda yang lainnya.
4. Meningkatkan Hubungan Baik
Ini menjadi salah satu manfaat penting di dalam work life balance. Tidak ada gunanya bila meraih kesuksesan saat di tempat kerja tetapi pulang ke rumah anda bertengkar dengan pasangan karena kurangnya waktu bersama. Oleh sebab itu, lakukan yang terbaik di dalam menciptakan keseimbangan dan di dalam seluruh aspek kehidupan anda.