Logo PrismaLink

Poin-Poin Marketing Analysis Dalam Sebuah Bisnis

Dalam dunia bisnis semua kegiatan harus dikerjakan secara maksimal agar bisnis bisa berkembang dengan baik. Salah satu kegiatan yang harus dikerjakan secara maksimal adalah pemasaran. Pemasaran merupakan kegiatan pendistribusian produk berupa barang atau jasa yang dihasilkan dari sebuah bisnis. Sebelum memulai bisnis dan memasarkan produknya seseorang harus melakukan marketing analysis.

Istilah tersebut biasa digunakan oleh pebisnis yang akan melakukan analisis pemasaran. Seperti yang diketahui bahwa marketing sangat penting dalam dunia bisnis. Dalam menganalisa keadaan pasar anda harus memperhatikan segala sesuatu yang ada di pasar untuk menunjang kemajuan bisnis.

Poin-Poin Marketing Analysis

Poin-Poin Marketing Analysis

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan analisis pasar. Berikut ini beberapa poin penting yang menjadi elemen dalam menganalisis pasar.

1. Mengetahui ukuran pasar

Salah satu poin penting yang harus diperhatikan dalam menganalisis pasar adalah mengetahui ukuran pasar. Salah satu analisanya adalah semakin besar ukuran pasar maka semakin besar pula persaingan yang harus dihadapi. Begitupun sebaliknya jika pasar berukuran kecil maka semakin kecil pula persaingan yang didapatkan. Kelebihan dari pasar yang besar adalah tantangan yang diberikan begitu besar dan persaingan yang yang dihadapi begitu ketat. Kondisi ini akan membuat anda lebih bersemangat dalam membuat inovasi pada produk yang dihasilkan. Inovasi tersebut bisa membuat produk lebih menarik dan memiliki banyak konsumen.

2. Tren Pasar

Hal selanjutnya yanng menjadi poin penting dalam menganalisis pasar adalah mengetahui hal-hal yang sedang tren di pasar. Mengetahui tren yang ada di pasar bisa membuat bisnis semakin berkembang. Hal tersebut bisa dianalisis dengan cara mempertanyakan produk apa yang paling diinginkan oleh pelanggan, kemudian adakah tren lain yang dapat menarik perhatian masyarakat. Beberapa pertanyaan tersebut bisa menjadi analisis untuk mengetahui apa saja yang sedang tren di pasar.

3. Proses distribusi

Pemasaran sendiri diartikan sebagai proses pendistribusian. Jadi, anda harus memikirkan bagaimanan alur dari pendistribusian agar bisa sampai ke tangan konsumen. Selain itu anda juga harus memikirkan cara untuk menarik perhatian para calon konsumen agar mau membeli produk yang dipasarkan.

4. Keuntungan yang didapat dari pasar

Poin selanjutnya yang penting dalam menganalisis pasar adalah memperkirakan keuntungan yang didapatkan dari pasar atau profitabilitas pasar. Apabila pasar memiliki keuntungan yang besar maka anda bisa memasarkan produk atau menginvestasikannya. Penganalisisan keuntungan ini bisa dilihat Dari banyakanya pembeli dan kekuatan pembeli dalam membeli produk barang atau jasa, adakah hambatan jika ingin masuk ke dalam pasar, dan lain sebagainya.

5. Grafik pertumbuhan pasar

Hal yang tidak kalah penting dari poin-poin sebelumnya adalah mengetahui tingkat pertumbuhan dari pasar. Jika pertumbuhan pasar dari waktu ke waktu semakin meningkat maka ada kemungkinan besar bisnis bisa berjalan dengan baik. Berbeda halnya jika pasar sama sekali tidak mengalami pertumbuhan maka hal tersebut bisa menyebabkan tidak berkembangnya sebuah bisnis.

6. Biaya yang diperlukan

Poin selanjutnya yang menjadi elemen untuk melakukan marketing analysis adalah melihat seberapa besar biaya yang akan digunakan dalam sebuah bisnis. Maksudnya adalah berapakah biaya yang diperlukan untuk memasarkan produk yang dimiliki. Dengan memperkirakan biaya yang diperlukan, anda bisa meningkatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan.

Melakukan marketing analysis dalam sebuah bisnis memang sangat penting. Apalagi jika analisis yang dilakukan memang membuahkan hasil dan membuat bisnis semakin untung. Dengan adanya analisis ini anda bisa bersaing di pasaran dengan kompetitor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top