Logo PrismaLink

QRIS Dinamis Adalah: Cashless Payment Solution Terbaik 2024!

qris dinamis adalah

QRIS Dinamis Adalah ⎯ Di era digital ini, kemudahan dan kecepatan transaksi menjadi hal yang penting. QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) hadir sebagai solusi pembayaran nontunai menggunakan QR code. Namun, tahukah Anda bahwa ada dua jenis QRIS, yaitu statis dan dinamis? Artikel ini akan membahas secara detail tentang QRIS dinamis dan manfaatnya untuk bisnis Anda.

QRIS Dinamis Adalah?

QRIS dinamis adalah jenis QRIS yang dapat menyimpan informasi dinamis, seperti nominal transaksi atau deskripsi produk. Berbeda dengan QRIS statis yang hanya menyimpan informasi tetap seperti nama dan nomor rekening penjual, QRIS dinamis lebih fleksibel dan efisien.

Manfaat QRIS Dinamis untuk Bisnis

qris dinamis adalah

QRIS Dinamis adalah jenis QRIS yang dapat menyimpan informasi dinamis, seperti nominal transaksi, deskripsi produk, dan informasi lainnya. Berikut beberapa manfaat menggunakan QRIS Dinamis untuk bisnis:

  • Menghemat Biaya Operasional: Dengan QRIS dinamis, Anda tidak perlu mencetak ulang banner atau brosur yang memuat QR code setiap kali ada perubahan informasi. Pembaruan cukup dilakukan melalui server, sehingga lebih hemat biaya.
  • Menyederhanakan Transaksi: Pelanggan dapat langsung melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai tanpa perlu memasukkannya secara manual. Hal ini mempercepat proses transaksi dan mengurangi kesalahan.
  • Cocok untuk Berbagai Jenis Usaha: QRIS dinamis ideal untuk bisnis yang memiliki produk atau layanan dengan harga yang bervariasi, seperti restoran, toko retail, dan penyedia jasa.
  • Pelaporan Penjualan Lebih Mudah: Beberapa penyedia QRIS dinamis menawarkan fitur pelaporan transaksi yang terperinci. Ini memudahkan Anda dalam memantau keuangan bisnis dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Cara Membuat QRIS Dinamis dengan Payment Gateway

Meskipun secara umum proses pembuatan QRIS Dinamis melibatkan langkah-langkah seperti memilih PJSP dan mendaftar akun, cara detailnya bisa sedikit berbeda tergantung pada payment gateway yang Anda pilih. Berikut gambaran umumnya:

1. Pilih Payment Gateway yang Menyediakan QRIS Dinamis:

Tidak semua payment gateway menawarkan fitur QRIS Dinamis. Pastikan payment gateway pilihan Anda mendukung fitur ini. Cek website mereka atau hubungi customer service untuk informasi lebih lanjut.

2. Daftar Akun di Payment Gateway:

Buka website payment gateway dan lakukan pendaftaran akun. Siapkan dokumen yang diperlukan, seperti KTP, NPWP, dan SIUP, sesuai dengan instruksi mereka.

3. Akses Fitur QRIS Dinamis:

Setelah akun Anda aktif, cari menu terkait pembuatan QRIS Dinamis. Menu ini mungkin diberi nama berbeda tergantung pada payment gateway, contohnya “QR Code Generator”, “Dynamic QRIS”, atau sejenisnya.

4. Masukkan Informasi yang Diperlukan:

Form pembuatan QRIS Dinamis biasanya meminta informasi seperti:

  • Nama Merchant: Nama bisnis Anda.
  • Nominal Transaksi: Untuk QRIS Dinamis, Anda bisa memilih opsi “Input Manual” atau serupa, yang memungkinkan Anda memasukkan nominal saat membuat kode.
  • Deskripsi Produk (Optional): Berguna untuk memberikan informasi tambahan pada pelanggan, misalnya nomor order atau jenis layanan.
  • URL Website (Optional): Berguna untuk mengarahkan pelanggan ke website Anda.

5. Generate QRIS Dinamis:

Setelah mengisi informasi, klik tombol “Generate” atau serupa untuk membuat kode QRIS Dinamis. Payment gateway akan menampilkan kode QR dan mungkin juga menyediakan opsi download dalam format gambar.

6. Sebarkan QRIS Dinamis:

Anda bisa menggunakan kode QRIS Dinamis ini dalam berbagai cara:

  • Cetak: Cetak kode dan tempelkan di lokasi strategis usaha Anda.
  • Digital: Sertakan kode pada kwitansi digital, website, atau media sosial.

Beberapa catatan tambahan:

  • Biaya: Biaya pembuatan QRIS Dinamis bisa berbeda tergantung pada payment gateway. Beberapa menawarkan gratis, sementara lainnya mengenakan biaya bulanan atau per transaksi. Bandingkan biaya dan fitur sebelum memilih.
  • Integrasi: Beberapa payment gateway menawarkan integrasi dengan sistem kasir atau website Anda, sehingga pembuatan QRIS Dinamis bisa lebih otomatis. Tanyakan ketersediaan fitur ini jika Anda membutuhkannya.

Sudah paham apa itu QRIS Dinamis? Untuk Anda pebisnis yang ingin memiliki pembayaran menggunakan QRIS Dinamis, Payment Gateway Prismalink solusinya!

Mengapa Prismalink? Karena Prismalink memiliki sistem keamanan yang sangat baik dan juga sudah berizin Bank Indonesia jadi Anda tidak perlu khawatir adanya fraud. Dengan hanya beberapa langkah saja Anda dapat langsung menerima pembayaran dengan QRIS Dinamis!

Ingin #melangkahbersamaprismalink? Yuk, daftarkan segera bisnis Anda di https://prismalink.co.id/

qris dinamis adalah
Baca juga: Bill Payment Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan 3 Benefit Bisnis Bill Payment!
qris dinamis adalah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top