Sales funnel merupakan salah satu cara yang dilakukan dalam pemasaran produk secara online. Cara ini akan sangat bermanfaat untuk diterapkan bagi bisnis online, sehingga penjualan produk dapat meningkat dan mendapatkan keuntungan yang besar. Namun demikian, belum banyak pelaku bisnis online yang belum mengetahui manfaat penggunaan cara ini.
Bisnis online akan lebih meyakinkan dan menguntungkan ketika memiliki website atau toko online dengan kualitas yang terbaik. Untuk membangun website atau toko online, seringkali pelaku bisnis mengalami kesulitan dalam mengembangkan toko online dan menarik minat target konsumen. Meskipun toko online telah menggunakan sejumlah fitur dan layanan pendukung seperti beriklan di google ads dan facebook ads, kemudian juga telah berlangganan email marketing, namun bisa saja toko online masih belum memiliki kemajuan yang signifikan.
Definisi Sales Funnel
Pada dasarnya, sales funnel merupakan berbagai langkah atau strategi yang dilakukan untuk menarik minat para pengguna internet melalui website atau toko online yang telah dibangun. Kondisi pengunjung website atau calon konsumen tentu dapat berbeda-beda. Seringkali ketika mengunjungi website atau toko online, calon konsumen hanya akan sekadar melihat-lihat dan belum tertarik untuk membeli produk.
Dengan adanya sales funnel, maka toko online dapat menarik minat pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan. Melalui beberapa cara, website atau toko online secara tidak langsung akan memberikan tahapan-tahapan yang mampu mengubah pandangan dan ketertarikan pengunjung agar membeli produk dari dalam website.
Tahapan dalam Sales Funnel
Tahapan-tahapan sales funnel dalam menarik para pengunjung untuk membeli produk dari website di antaranya adalah sebagai berikut:
Read Magnet
Read magnet merupakan suatu tulisan yang ditujukan agar ketika pengunjung website atau toko online dapat membacaca dan tertarik untuk membeli produk yang dijual di dalam toko online. Tujuan utama dari read magnet ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pengunjung mengenai suatu informasi.
Informasi yang disampaikan sifatnya mengedukasi, bukan untuk melakukan suatu promosi. Dengan informasi tersebut, pengunjung akan mendapatkan wawasan yang lebih mengenai berbagai hal yang dibutuhkan oleh pengunjung. Informasi ini juga harus disesuaikan dengan target market, sehingga informasi bisa tepat sasaran dan dibutuhkan oleh target market.
Lead Magnet
Tahap selanjutnya dalam sales funnel adalah dengan lead magnet. Tujuan utama dari lead magnet adalah untuk mendapatkan database pengunjung website berupa email atau nomor telepon. Database yang satu ini akan sangat dibutuhkan dalam melakukan promosi. Oleh karena itu, tahapan ini sangat penting untuk dilakukan.
Setelah Anda mendapatkan database berharga ini, Anda dapat melakukan promosi yang lebih personal, sehingga peluang keberhasilan akan semakin tinggi. Dengan menggunakan layanan email marketing, database tersebut bisa Anda kelola untuk melakukan promosi yang cukup menjanjikan.
Produk Penetrasi
Pada tahap ini, pemikiran pengunjung sudah akan lebih terarah untuk menggunakan produk yang Anda sediakan. Agar mereka lebih percaya dan tertarik untuk menggunakan produk, Anda bisa meluncurkan produk penetrasi. Produk ini memiliki harga yang jauh lebih murah dan ditujukan agar pengunjung memiliki pengalaman berbelanja pada website Anda.
Produk Utama
Setelah melalui berbagai tahapan di atas, Anda akan memasuki tahapan terakhir dalam sales funnel, yakni penawran produk utama. Penawaran produk utama ini akan memiliki penjualan yang lebih mudah, sebab pengunjung telah memiliki wawasan pengalaman berbelanja dan merasakan kualitas produk Anda.
Beberapa tahapan di atas merupakan tahapan sales funnel yang dapat Anda lakukan dalam mengembangkan dan meraih kesuksesan bisnis online melalui website atau toko online. Dengan sales funnel ini, pemasaran akan jauh lebih efektif dan mendapatkan pelanggan yang loyal.