Logo PrismaLink

Hanya Sekali Digunakan, Apa itu Non-Fixed Virtual Account?

Non-Fixed Virtual Account

Non-Fixed Virtual Account ⎯ Transaksi keuangan telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu inovasi yang semakin populer adalah Non-Fixed Virtual Account. Non-Fixed Virtual Account adalah sebuah solusi keuangan yang memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam transaksi bisnis dan keuangan. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara detail tentang Non-Fixed Virtual Account, bagaimana cara kerjanya, serta manfaatnya.


Apa Itu Non-Fixed Virtual Account?

Non-Fixed Virtual Account atau non fixed VA adalah jenis Virtual Account yang memiliki rangkaian kode angka yang bersifat acak. Kode ini hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi pembayaran. Penggunaan Non-Fixed Virtual Account lebih disarankan untuk transaksi yang terikat pada suatu invoice.

Dengan menggunakan Non-Fixed Virtual Account, pelanggan Anda dapat melakukan pembayaran untuk produk yang mereka beli. Namun, setelah pembayaran selesai, kode dari Non-Fixed Virtual Account akan langsung kedaluwarsa. Jika pelanggan ingin membeli produk lain, sistem akan memberikan kode non fixed VA yang baru.

Rangkaian kode non fixed VA biasanya terdiri dari 15-18 digit, tergantung pada bank penerbitnya. Setelah bank mengeluarkan nomor VA, pelanggan Anda dapat melakukan pembayaran melalui internet banking, mobile banking, atau melalui ATM.


Contoh Penggunaan Non-Fixed Virtual Account

Penggunaan Non-Fixed Virtual Account dapat ditemukan di situs atau aplikasi marketplace. Di sana, pelanggan dapat membeli barang yang diinginkan dari penjual yang sama dan akan menerima satu invoice untuk satu sesi belanja.

Jika pelanggan memilih Virtual Account dari bank tertentu sebagai metode pembayaran, bank tersebut akan mengeluarkan Non-Fixed Virtual Account yang harus segera dilunasi oleh pelanggan. Jika pelanggan melakukan sesi belanja lain di marketplace yang sama atau berbeda setelah melunasi Virtual Account, maka rangkaian kode Non-Fixed Virtual Account akan dibuat kembali dengan digit acak yang baru.


Perbedaan Non-Fixed dengan Fixed Virtual Account

Ada beberapa perbedaan antara Non-Fixed dan Fixed Virtual Account yang perlu diperhatikan. Pertama, perbedaan terletak pada masa berlaku. Non fixed VA memiliki masa berlaku yang singkat karena sifatnya yang dinamis atau berubah-ubah. Umumnya, Non-Fixed Virtual Acccount hanya berlaku selama 24 jam atau bahkan lebih singkat. Jika pelanggan tidak melakukan transaksi dalam waktu tersebut, maka kode Virtual Account akan hangus.

Sementara itu, Fixed Virtual Account memiliki masa berlaku yang lebih lama karena kode digitnya bersifat statis atau tetap. Kode Virtual Account ini dikaitkan dengan masing-masing pengguna dan dapat berlaku selama akun pengguna masih aktif, bahkan hingga bertahun-tahun.

Perbedaan selanjutnya terletak pada frekuensi penggunaan. Non-Fixed Virtual Account hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi pembayaran. Setelah pelanggan melunasi pembayaran melalui Virtual Account, kode Non-Fixed tidak akan lagi berlaku.

Sementara itu, Fixed Virtual Account dapat digunakan berkali-kali karena sifat nomornya yang tetap. Jenis Virtual Account ini juga biasanya diberi nama sehingga pelanggan dapat dengan mudah memastikan bahwa mereka melakukan transaksi yang benar. Contohnya adalah e-Wallet seperti GoPay, di mana pelanggan dapat menggunakan nomor Fixed Virtual Account yang sama untuk berulang kali top-up saldo ke akun e-Wallet.

Perbedaan terakhir terletak pada angka yang dihasilkan. Pada Non-Fixed Virtual Account, rangkaian digit angka akan dibuat secara acak oleh sistem lembaga perbankan. Sedangkan pada Fixed Virtual Account, kode digit bisa dibuat secara acak seperti jenis Non-Fixed atau dibuat secara spesifik berdasarkan nomor yang diberikan pelanggan.


Non-Fixed Virtual Account

Sediakan Pembayaran Virtual Account Bersama Prismalink!

Dengan menggunakan rangkaian angka yang hanya dapat digunakan sekali untuk setiap transaksi, Non-Fixed Virtual Account adalah pilihan yang tepat untuk transaksi yang terkait dengan faktur. Namun, baik dalam kategori Non-Fixed maupun Fixed, Virtual Account adalah metode pembayaran yang aman dan praktis, yang akan mempermudah pelanggan Anda dalam pembelian produk Anda. Oleh karena itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyediakan metode Virtual Account sebagai salah satu opsi pembayaran dalam bisnis Anda, dengan menerapkan sistem payment gateway yang disediakan oleh Prismalink.

Tidak hanya itu, sistem Payment Gateway Prismalink juga menyediakan berbagai metode pembayaran baik secara online maupun offline melalui satu platform tunggal. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan bisnis Anda di Prismalink untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda!

daftarkan bisnis Anda di https://prismalink.co.id/ atau klik hubungi kami di bawah ini!

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Pembayaran Non Tunai
Non-Fixed Virtual Account

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top