Logo PrismaLink

Beberapa Contoh Promosi untuk Bisnis Online Kekinian

Promosi merupakan suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan sebagai upaya untuk meawarkan suatu produk yang bertujuan menarik calon pembeli untuk mengguanakan dan membeli produk tersebut. Meski produk yang memiliki kuaitas yang bagus tanpa dilakukan penawaran pastinya semua akan sia-sia. Sebaliknya meski produk memiliki kualitas yang sederhana namun adanya bantuan penawaran yang tepat maka produk tersebut akan dikenal oleh banyak orang. Dengan adanya penawaran tersebut produk yang dikeluarkan akan berhasil dijual dengan mudah di pasaran. Oleh sebab itu, penawaran memiliki peranan yang penting saat anda akan meningkatkan penjualan.

Promosi seperti apa yang dipilih oleh pembisnis agar produk yang mereka tawarkan dapat laku di pasaran? Banyak teknik yang dapat mereka lakukan untuk menawarkan produk sebuah perusahaan tergantung dari sisi mana mereka akan melakukan penawaran produknya. Salah satu teknik penawaran produk yang dilakukan oleh orang yang melakukan penawaran yaitu dengan diskon yang menarik. Pemilik bisnis online terkadang menerapkan penawaran diskon untuk menarik pelanggan. Menawarkan adanya diskon memang dapat dijadikan teknik penawaran yang menarik pengunjung untuk membelinya.

Contoh Promosi untuk Bisnis Online

Contoh Promosi untuk Bisnis Online

Ada banyak cara yang dapat dilakukan sebuah perusahaan untuk melakukan penawaran suatu produk agar dapat dikenal dan diminati oleh masyarakat luas. Diantaranya:

1. Cashback

Cashback merupakan penawaran yang memungkinkan konsumen untuk mendapatkan pengembalian uang tunai ataupun uang vital dengan presentasi yang telah memenuhi syarat tertentu. Cashback menjadi metode penawaran yang banyak dilakukan oleh bisnis online. Akhir-akhir ini sudah banyak yang membuktikan penawaran yang banyak sekali dilakukan oleh marketplace besar. Ada juga startup baru seperti Shopback dan Cashback yang menyiapkan bonus setiap kali anda belanja secara online.

2. Diskon

Potongan harga merupakan benefit yang dapat diperoleh konsumen ketika melakukan pembelian produk berupa potongan harga dengan presentasi tertentu. Jika cashback uang akan diberikan setelah melakukan transaksi berbeda dengan diskon yang diberikan saat itu juga untuk mengurangi harga aslinya. Sudah bukan yang aneh lagi bahwasanya diskon hanya sebuah permainan harga yang bertujuan untuk memperoleh perhatian dari konsumen. Sebelum barang dinyatakan diskon, lebih awalnya barang tersebut sudah memiliki kenaikan harga sebelumnya. Diskon merupakan salah satu cara yang efektif untuk melakukan penawaran sebuah produk.

3. Flash Sale

Flash sale atau biasa disebut dengan penjualan kilat pada dasarnya hampir sama dengan diskon tetapi barang yang dijual biasanya hanya terbatas dan hanya tersedia dalam waktu yang singkat. Penawaran jenis ini biasanya dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness. Teknik ini lebih efektif digunkan untuk menarik minat pembeli bahkan banyak brand besar yang menerapkan strategi flash sale.

4. Buy 1 Get 1 Free

Metode pemasaran yang satu ini juga dapat anda terapkan pada bisnis anda. Promo seperti ini dapat juga dikatakan dengan diskon namun, ada syaratnya yaitu dengan membeli 1 gratis 1. Sama halnya dengan membeli produk dengan memperoleh diskon 50% karena sebenarnya konsumen hanya dipaksa untuk membeli dua produk tersebut. Keuntungan yang diperoleh memang tidak sebanyak saat harga normal namun hal ini sangat efektif untuk mempercepat perputaran arus bisnis. Promosi tersebut dapat anda terapkan pada bisnis anda agar produk yang anda tawarkan dapat dikenal secara luas. Selain itu anda juga perlu melakukan berbagai inovasi dibeberapa sektor misalnya dengan memanfaatkan teknologi pembayaran secara online seperti layanan payment gateway dari Xendit yang dapat anda lakukan pada website UKM. Dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada konsumen maka akan membuat produk dan pelayanan yang maksimal juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top