Perusahaan Listrik Negara atau yang sering dikenal dengan PLN sudah dikenal banyak orang. Kita semua tentu sudah tidak asing lagi dengan itu. Perusahaan Listrik Negara melayani berbagai macam keluhan pelanggan. Seperti kendala mati lampu karena gangguan tagihan listrik yang tiba-tiba membengkak, atau berbagai kendala lain yang berkaitan dengan listrik. Untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut, anda bisa menghubungi call center PLN.
Call center PLN adalah layanan informasi yang bisa membantu anda untuk menyelesaikan berbagai macam masalah yang berkaitan dengan listrik. Namun sebelum kita membahas berapa nomor call center tersebut ,kita akan membahas sekilas mengenai sejarah PLN yang ada di Indonesia.
Call Center PLN dan Sejarahnya
Perkembangan PLN di Indonesia dimulai di abad ke-19 saat penjajahan Belanda. Saat itu mulai didirikan pembangkit listrik yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan milik Belanda. Tahun 1942 hingga 1945 sudah terjadi pergantian kekuasaan dari Belanda ke Jepang. Sehingga perusahaan belanda beralih kepemilikan ke Jepang.
Proses pergantian kepemilikan kembali terjadi ketika perang dunia ke-2. Di mana bulan agustus 1945 Jepang sudah menyerah kepada sekutu. Kemudian pemuda Indonesia yang bekerja di perusahaan listrik dan gas selalu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengambil alih perusahaan dan diserahkan ke pemerintah Indonesia.
Dari sini terbentuklah PLN atau Perusahaan Listrik Negara dan PGN Perusahaan Gas Negara yang ada dan kita kenal sampai sekarang. PLN didirikan secara resmi tanggal 1 Januari 1965.
Berbagai Macam Pelayanan PLN
Sekarang ini bagi pelanggan rumahan, PLN sudah memberikan dua tipe produknya yaitu PLN prabayar atau token dan PLN pascabayar. PLN pascabayar sering dikenal dengan sistem pembayaran bulanan. Sehingga anda tidak perlu merasa repot untuk membeli pulsa seperti PLN pada sistem prabayar. Akan tetapi, salah satu kekurangan dari sistem pascabayar yaitu tagihan minimum walaupun listrik tidak dipakai sama sekali.
Sementara itu berbeda dengan sistem prabayar atau token. Di sini anda harus membeli token atau pulsa listrik agar bisa menggunakan listrik. Jadi jika listrik anda habis anda tidak bisa menggunakannya lagi sebelum anda melakukan pengisian pulsa. Analoginya sama seperti dengan pulsa HP pada umumnya. Dalam sistem prabayar anda tidak dihadapkan dengan tagihan minimum. Sehingga misalnya anda tidak menggunakan listrik maka anda tidak perlu membayar.
Call Center PLN
Jika anda membutuhkan bantuan saran keluhan atau yang berkaitan dengan PLN. Maka anda bisa menghubungi layanan call center atau contact center yang tertera berikut ini:
- 123 – Call Center PLN
- (Kode Area) 123 – Handphone
Jika anda menggunakan telepon rumah atau telepon kantor, anda langsung hubungi call center 123. Sementara itu anda juga dapat menambahkan kode area dengan memakai telepon seluler. Atau anda juga bisa menggunakan VoIP 123 di dalam aplikasi PLN mobile.
Satu hal yang perlu anda tahu bahwa layanan call center yang diberikan oleh PLN ini aktif selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Hal ini bertujuan supaya pelanggan bisa selalu dilayani dengan baik dan mendapatkan pelayanan yang maksimal. Di samping itu, sebagai sebuah perusahaan negara, maka PLN juga berkomitmen untuk selalu memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang ada di Indonesia.
Bagi anda semua yang sekarang mengalami gangguan yang berkaitan dengan masalah listrik. Di samping anda bisa melaporkan secara langsung dengan datang ke kantor PLN terdekat. Maka anda bisa menghubungi call center PLN dengan nomor seperti yang sudah disebutkan di atas tadi.