Logo PrismaLink

Ketahui Definisi dan Tips Mudah Mengajukan Refund

Istilah refund sudah sangat familiar dalam bidang bisnis. Refund adalah pengembalian dana yang memiliki artian luas. Dalam melakukannya pun, ada prosedur yang harus ditaati. Tak hanya prosedur, melainkan juga persyaratan. Dengan mengikuti prosedur dan memenuhi persyaratannya, maka pengajuan refund bisa memberikan hasil yang sesuai harapan. Untuk lebih mengenal refund, ada baiknya anda simak ulasan yang kami bagikan di bawah ini.

Definisi Refund

Ada banyak pengertian refund yang penting untuk anda pahami. Pengertian yang pertama, refund adalah pengembalian atas pembayaran dari konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Misalnya saja, paket tour, akomodasi, tiket pesawat dan lain sebagainya. Karena ada suatu alasan, konsumen membatalkan rencana perjalanannya sehingga mengajukan pengembalian dana.

Selai itu, refund juga diartikan sebagai pengembalian uang kepada konsumen yang belanja online. Dimana konsumem tersebut batal membeli produk dengan alasan tertentu. Mulai dari stok produknya habis atau barangnya rusak. Tak hanya itu, banyak juga yang menyebutkan bahwa refund adalah pengembalian biaya untuk pembelian e-tiket yang dilakukan oleh maskapai ke penumpang. Dengan adanya refund, maka diharapkan tak ada pihak manapun yang merasa dirugikan.

Tips Mengajukan Refund

Setelah anda mengetahui definisi dari refund, ada baiknya jika anda memahami tips mengajukannya. Dengan demikian, anda bisa mengajukan refund secara mudah tanpa ada pihak yang merasa dikecewakan. Pada kesempatan kali ini pun, kami akan ajak anda untuk mengulas mengenai tips mengajukan refund selengkapnya. Ulasan ini sangat sesuai untuk anda yang ingin mengajukan refund pada maskapai penerbangan.

Mengetahui Kebijakan Maskapai

Mengetahui Kebijakan Maskapai

Perlu untuk anda ketahui bahwa setiap maskapai penerbangan memiliki kebijakan masing-masing, tak terkecuali dengan kebijakan refund. Harus disadari bahwa tak semua maskapai penerbangan memperbolehkan untuk refund atau membatalkan penerbangan. Maka dari itu, ada baiknya jika anda memahami kebijakannya terlebih dahulu sebelum memesan tiket pesawat. Dengan demikian, anda tak akan merasa dirugikan atau kecewa nantinya.

Lamanya Pengembalian Dana

Setelah anda memahami kebijakan maskapai penerbangan yang anda pilih mengenai keperluan refund, pastikan anda juga mengetahui lamanya waktu pengembalian dana. Perlu untuk anda ketahui, pada umumnya lamanya proses pengembalian dana sekitar 1 sampai 3 bulan kerja. Untuk memudahkan anda dalam memantau proses refund yang anda ajukan, anda bisa mengeceknya melalui situs terkait yang anda gunakan untuk memesan tiket pesawat.

Waktu Mengajukan Refund

Jika anda sudah memahami beberapa tips di atas, penting bagi anda untuk segera beraksi. Anda bisa langsung mengajukan refund. Namun penting untuk anda ketahui, ada baiknya anda mengajukan refund di waktu yang tepat. Hal ini dikarenakan waktu pengajuan refund bisa mempengaruhi besarnya jumlah dana yang nantinya akan dikembalikan. Maskapai penerbangan tak akan mengembalikan dana anda seutuhnya, kecuali jika memang ada alasan tertentu. Misalnya, kesalahan dari pihaknya.

Waktu pengajuan refund akan mempengaruhi besarnya potongan biaya refund. Apabila anda melakukan refund lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, maka anda akan mendapatkan potongan sebesar 25% dari harga tiket. Kemudian untuk pengajuan refund 72-48 jam sebelum keberangkatan, maka potongannya 50% dari harga tiket. Untuk pengajuan refund pada 48-24 jam sebelum keberangkatan, potongannya sebesar 60% dari harga tiket.

Selanjutnya, apabila anda mengajukan refund pada 24-12 jam sebelum keberangkatan, maka potongannya akan sebesar 70% dari harga tiket. Kemudian untuk pengajuan refund pada 12-4 jam sebelum keberangkatan, potongannya mencapai 80% dari harga tiket. Lain halnya untuk pengajuan refund pada waktu kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan, potongannya 90% dari harga tiket.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top