Sudah tak diragukan lagi, fungsi media sosial sekarang telah beralih dari ajang pertemanan menjadi arena untuk berbisnis. Berbagai produk baik barang maupun jasa dipromosikan dan marak dijual lewat sejumlah media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, hingga Youtube.
Media Sosial untuk Bisnis Anda
Banyak orang yang mengakui keampuhan penggunaan media sosial dalam meningkatkan prospek bisnis yang tengah dijalani. Maka bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis yang anda miliki lewat media sosial, berikut adalah beberapa media sosial yang cocok untuk mempromosikan bisnis anda.
Facebook dapat sangat membantu anda dalam meningkatkan potensi bisnis yang anda miliki. Dengan media sosial ini, setiap orang atau perusahaan dapat mengiklankan/mempromosikan barang maupun jasa yang ditawarkan. Iklan/promosi bisnis melalui facebook dapat menghasilkan hasil yang lebih maksimal dibandingkan dengan media sosial yang lain, karena facebook adalah salah satu jejaring sosial yang terbesar di dunia dengan total 2,38 Miliar pengguna, tepatnya 120juta untuk jumlah pengguna di Indonesia.
Mempromosikan/mengiklankan bisnis anda di facebook, dapat anda lakukan dengan cara sesekali mengupdate status yang berisikan promosi barang/jasa yang anda tawarkan, perbanyak sharing tips-tips menarik, hingga membuat facebook page bisnis anda.
Meski sudah kalah popular dengan facebook dan Instagram, twitter masih menjadi media sosial yang berpengaruh sejak tahun 2008 hingga sekarang. Twitter banyak dijadikan sebagai platform untuk mencari berita atau hal yang sedang viral, karena biasanya hal-hal viral tersebut akan booming pertama kali di twitter, sehingga media sosial ini juga cocok dijadikan sebagai media untuk mempromosikan bisnis anda. Anda dapat menggunakan situs ini untuk mempromosikan acara, berita serta membangun basis pelanggan Anda dengan mengembangkan percakapan.
Orang yang menggunakan Twitter biasanya hanya beberapa jam per minggu untuk membaca, mengirim dan mencari pesan. Untuk memaksimalkan jangkauan anda, maka gunakan simbol hashtag atau pilihan pencarian lanjutan untuk menemukan pertanyaan yang berhubungan dengan bisnis anda.sebaiknya jangan melulu mengiklan, sisipkan sesekali kuis-kuis menarik, dan artikel singkat yang menarik yang memungkinkan anda mendapatkan banyak retweet dari followers anda sehingga postingan maupun profil bisnis anda dapat semakin tersebar luas.
linkedIn adalah situs yang paling banyak dipakai orang untuk menaruh resume mereka, bisa juga digunakan untuk membaca blog yang berorientasi karir dan artikel berita. Situs ini baik digunakan untuk mencari karyawan dan sebagai jaringan untuk mengjangkau klien potensial. Setiap orang pun dapat menggunakan situs ini terutama perusahaan yang sedang mencari pelanggan baru. Untuk memaksimalkan jaringan ini, anda dapat menjalin hubungan dengan karyawan potensial berkualitas tinggi. Bergabung dengan Linkedln juga dapat membantu anda untuk berhubungan dengan perusahaan lainnya.
Youtube
Youtube memiliki lebih dari 1 miliar pengunjung setiap bulan. Anda dapat menggunakan situs ini untuk membangun kredibilitas dengan menampilkan pengetahuan dan keterampilan dengan cara mempergunakan media ini untuk mengupload video yang berisikan video singkat tentang perusahaan, testimoni-testimoni pelanggan, hingga tutorial penggunaan produk/jasa yang anda tawarkan. Selalu pastikan anda mengoptimalkan video dengan kata kunci sebanyak mungkin.