Logo PrismaLink

Perbedaan Strategi Pemasaran 4P dan 7P dalam Dunia Bisnis.

Strategi pemasaran 4P dan 7P atau disebut juga sebagai marketing mix merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat anda gunakan untuk menawarkan produk/jasa dari suatu perusahaan. Bagi anda yang belum mengenal istilah pemasaran 4P dan 7P, berikut ini adalah perbedaan dari kedia strategi pemasaran tersebut.

Perbedaan strategi pemasaran 4P dan 7P

Perbedaan strategi pemasaran 4P dan 7P

Strategi pemasaran 4P sudah ada dan digunakan lebih dulu dan terus berkembang. Sementara strategi 7P diperkenalkan oleh E. Jerome McCarthy pada 1960-an dan banyak digunakan juga pada saat ini.

Strategi Pemasaran 4P

Product

Produk adalah sesuatu yang anda tawarkan dalam proses pemasaran baik berupa barang ataupun jasa. Produk inilah yang nantinya akan menjadi ujung tombak anda dalam memperoleh keuntungan bisnis. Hal terpenting dari komponen ini adalah, produk anda harus bisa memenuhi serta sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Price

Price adalah uang yang harus dikeluarkan konsumen untuk bisa mendapatkan produk yang anda jual. Penentuan harga suatu produk harus benar-benar diperhatikan, karena konsumen biasanya menjadikan harga sebagai pertimbangan utama sebelum melakukan pembelian. Maka dari itu, harga sebuah produk haruslah rasional. Dengan kata lain, harga tersebut bisa diterima dengan baik oleh konsumen, dan juga bisa memberikan keuntungan bagi anda maupun konsumen.

Place

Place adalah saluran distribusi yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli. Bagi usaha yang masih konvensional, tempat yang dipilih haruslah strategis dan mudah diakses oleh konsumen. Sementara untuk distribusi online, anda dapat menggunakan marketplace, media sosial ataupun website toko online.

Promotion

Promosi adalah segala upaya yang dilakukan dengan tujuan agar konsumen dapat lebih mengenal dan tertarik kepada produk Anda. Inti dari sebuah promosi adalah anda dapat menunjukkan bahwa produk anda dapat memenuhi dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, serta dapat menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi.

Strategi Pemasaran 7P

Pada dasarnya strategi 7P memiliki komponen yang sama dengan 4P, hanya saja dikembanngakan melalui penambahan tiga komponen, yakni:

People atau Participant

People/partisipan adalah semua orang yang terlibat dalam proses bisnis atau pemasaran anda. Dalam industri di bidang jasa khususnya, mereka merupakan representasi dari bisnis anda di mata konsumen. Dengan SDM yang berkualitas terutama mereka yang bersinggungan langsung dengan konsumen, sangat menentukan tingkat loyalitas konsumen kepada brand anda.

Process

Proses mengacu pada bagaimana tindakan yang terjadi antara penjual dan pembeli meliputi proses pelayanan dan transaksi. Maka dari itu, anda harus memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada konsumen, baik itu ketika proses transaksi berlangsung ataupun setelah proses transaksi telah terjadi, terutama ketika konsumen menghadapi masalah tertentu yang berkaitan dengan produk anda.

Physical Evidence

Bukti fisik adalah segala sesuatu yang menyangkut peralatan ataupun fasilitas fisik yang digunakan untuk mendukung aktivitas bisnis yang dijalankan. Semakin besar skala bisnis anda, maka akan semakin banyak pula peralatan dan fasilitas yang anda butuhkan.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan strategi pemasaran 4P dan 7P yang perlu anda ketahui. Agar strategi ini berjalan optimal, integrasikan website toko online anda dengan payment gateway agar bisa menerima pembayaran secara langsung di website anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top