Logo PrismaLink

Mengenal Konsep Pemasaran Lengkap Dengan Tujuannya

Dalam menjalankan bisnis, pemasaran adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan pemasaran berperan penting dalam mengenalkan produk ataupun jasa ke publik. Dengan adanya pemasaran, masyarakat akan mengetahui dan lebih mengenal produk ataupun jasa yang ditawarkan. Mengingat pentingnya pemasaran, ada baiknya anda mengetahui apa itu konsep pemasaran agar bisa memanfaatkannya secara baik.

Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran terdiri dari beberapa poin. Poin yang pertama yaitu kebutuhan. Kebutuhan ialah suatu keadaan atau perasaan membutuhkan sesuatu, baik itu pakaian, makanan, kasih sayang dan lain sebagainya. Selain kebutuhan, poin selanjutnya yaitu keinginan. Dimana keinginan adalah kebutuhan yang tercipta karena pribadi dan budaya seseorang. Setelah itu, poin selanjutnya yaitu permintaan. Permintaan hadir dikarenakan adanya kebutuhan dan keinginan yang tak terbatas, akan tetapi sumber daya yang dimiliki terbatas. Bisa dibilang bahwa permintaan merupakan kebutuhan atau keinginan yang didukung daya beli.

Konsep Pemasaran

Dalam mengenal konsep pemasaran, anda juga akan menemukan poin produk. Dimana produk ini adalah sesuatu hal milik produsen yang ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan. Selain itu, poin berikutnya adalah pertukaran. Pertukaran adalah sesuatu hal yang dilakukan untuk mendapatkan produk ataupun jasa dengan memberikan hal lain sebagai gantinya. Ada juga poin transaksi yang mana melibatkan nilai-nilai yang ditukarkan antara dua pihak. Kemudian untuk poin yang terakhir yaitu pasar. Perlu diketahui bahwa pasar menjadi tempat berkumpulnya pembeli atas suatu produk. Pasar ini melibatkan pembeli nyata dan pembeli potensial.

Tujuan Pemasaran

Setelah anda mengetahui konsepnya, ada baiknya anda juga memahami apa tujuan dari pemasaran. Dengan anda mengetahui tujuannya, maka anda bisa memanfaatkan bidang pemasaran sebaik dan semaksimal mungkin. Adapun tujuan pemasaran diantaranya yaitu:

Menghadirkan Produk Sesuai Pasar

Salah satu tujuan dari pemasaran yaitu menciptakan produk yang sesuai dengan kondisi pasar, baik itu kesesuaian antara kebutuhan, keinginan, maupun permintaan. Hal ini dikarenakan produk memang diolah untuk digunakan konsumen itu sendiri. Dengan melakukan pemasaran, maka akan terjadi kesinambungan yang menguntungkan semua pihak yang terlibat. Maka dari itu, pemasaran sangat penting untuk dilakukan oleh para pelaku usaha.

Memahami Pasar

Pemasaran juga dilakukan untuk memahami bagaimana kondisi pasar yang tengah berlangsung. Dalam mencermati kondisi pasar, anda akan lebih mudah mengetahui bagaimana peta persaingan dan keinginan pasar. Tingkat daya beli dari konsumen pun juga bisa dilihat secara mudah berkat pemasaran yang dilakukan. Dengan demikian, anda bisa lebih mudah dalam menghadirkan produk ataupun jasa yang sesuai dengan ketertarikan konsumen.

Strategi Pemasaran Mengenal Pelanggan

Mengenal Pelanggan

Tujuan lain dari dilakukannya pemasaran ialah mengenal sekaligus memahami pelanggan. Pastikan produk yang anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Jika hal tersebut sudah sesuai, maka produk bisa terjual dengan sendirinya secara mudah. Dengan adanya pemasaran yang dilakukan secara optimal, maka anda bisa memperbesar peluang pelanggan untuk siap membeli produk yang ditawarkan secara cepat tanpa perlu pusing memikirkannya lagi.

Kepuasan Pelanggan

Tujuan selanjutnya dari mempelajari konsep pemasaran dan mempraktekkannya di pasar ialah mendapatkan kepuasan pelanggan. Kepuasan akan dirasakan apabila pelanggan mendapatkan keuntungan. Hal ini berarti setiap penjualan yang dilakukan harus ada feedback yang menjadi nilai lebih. Dengan tercapainya kepuasan pelanggan, maka suatu bisnis akan banjir testimoni positif. Tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi kemajuan bisnisnya. Supaya semua tujuan bisa terpenuhi secara maksimal, pastikan anda melakukan pemasaran sebaik mungkin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top