Logo PrismaLink

Pengertian dan Proses Komunikasi Pemasaran dalam Bisnis Anda

Ketika anda memiliki atau bahkan baru akan membangun suatu bisnis/usaha, pasti anda menginginkan bisnis tersebut berjalan lancar dan pada akhirnya sukses menjulang tinggi dipasaran. Maka dari itu, untuk mencapai itu semua, diperlukanlah strategi bisnis. Dalam strategi bisnis ini, terdapat salah satu elemen penting untuk mendukung kegiatan tersebut, yaitu komunikasi Pemasaran.

Pengertian Komunikasi dan Pemasaran

Secara sempit pengertian Komunikasi Pemasaran terbagi menjadi dua unsur. Yaitu Komunikasi dan Pemasaran.

Komunikasi: Proses penyampaian informasi baik secara langsung maupun tidak langsung, dari komunikator ke komunikan.

Pemasaran: Suatu kegiatan penawaran atau pengenalan produk/jasa dari suatu perusahaan kepada calon konsumen.

Dan dalam arti luas, Komunikasi Pemasaran dapat diartikan menjadi, “suatu kegiatan penyampaian informasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan kepada konsumen terhadap barang/jasa yang ditawarkannya, dengan tujuan untuk membangun brand awareness dan citra baik perusahaan tersebut.”

Peran Komunikasi Pemasaran dalam Bisnis

Peran Komunikasi Pemasaran dalam Bisnis

Dalam suatu bisnis yang sedang ataupun yang akan anda jalani, wajib hukumnya anda melakukan strategi pemasaran, hal ini dapat berpengaruh besar pada jalan dan berkembangnya bisnis anda. Komunikasi Pemasaran adalah salah satu elemen yang terdapat di strategi pemasaran, yang memiliki peran penting. Pasalnya, jika anda melewatkan satu hal ini, maka bisnis yang anda jalani akan sulit untuk berkembang, bahkan bisa sampai berdampak kebangkrutan karena kurangnya respon dan feedback dari calon konsumen yang dimana hal tersebut sangat mempengaruhi berjalan dan berkembangnya bisnis anda.

Proses Komunikasi Pemasaran dalam suatu bisnis

Dalam suatu bisnis, Komunikasi Pemasaran dibagi menjadi dua model. Yaitu:

Model Makro: Pada model Makro ini terdapat Sembilan elemen yaitu, Komunikator, Pesan, Media, Proses Penyandaian(penerimaan pesan), Pengartian Pesan, Respon, Feedback(umpan balik), Komunikan dan yang terakhir adalah Gangguan terhadap proses komunikasi.

Model Mikro: Dalam Model ini, proses komunikasi dibagi menjadi empat tahapan yang nantinya akan berujung pada Respon dan Feedback konsumen. Tahapan tersebut biasa kita kenal dengan AIDDA:

  • Attention: Komunikasi Pemasaran atau promosi yang kita lakukan haruslah mengundang perhatian dari calon konsumen
  • Interest: Setelah calon konsumen menaruh perhatian kepada produk/jasa anda maka harus anda pastikan kembari bahwa mereka tertarik akan apa yang kita promosikan
  • Desire: Hasrat untuk lebih mencari tau lagi tentang apa yang anda promosikan setelah ketertarikan itu muncul
  • Decision: Keputusan atau langkah selanjutnya yang sudah dipikirkan/direncaakan oleh calon konsumen
  • Action: Adalah perilaku atau hal yang dilakukan oleh calon konsumen(membeli atau tidak) setelah melewati empat tahap sebelumnya 

Lima tahapan diatas akan mempengaruhi Kognitif(mindset), Afektif(sikap) dan Konatif(perilaku) calon konsumen.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top