Logo PrismaLink

Pengertian dan Strategi Word of Mouth untuk Bisnis Lebih Maju

Word of mouth adalah salah satu strategi pemasaran bisnis yang bersifat positif. Strategi pemasaran ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis untuk memasarkan produk yang mereka kelola. Strategi ini dikatakan efektif dalam menarik pelanggan baru dan meyakinkan mereka untuk membeli dan memakai produk yang anda tawarkan. Era sekarang ini strategi banyak memberikan dampak yang sangat besar untuk perkembangan sebuah bisnis. Meski sangat efektif namun menerpkan strategi ini tidaklah mudah, berbeda dengan tools marketing lainnya. Media sosial dan website dapat juga digunakan sebagai media untuk menjalankan strategi ini. Saat konsumen anda mempunyai pengalaman yang baik dari produk anda atau merasa puas atas pelayanan yang diberikan pastinya mereka akan sukarela memberikan ulasan dan testimoni pada platform bisnis anda.

Pengertian Word of Mouth (WOM) Marketing

WOM adalah strategi marketing yang mengandalkan rekomendasi dan review dari konsumen, baik secara personal maupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa sehingga dapat menarik banyak pelanggan potensial. Review yang diberikan tentunya bersifat positif misal kepuasan pelanggan terhadap pelayanan dan produk yang anda tawarkan. Hal ini akan dapat meyakinkan orang lain untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis yang dijalankan.

Strategi pemasaran ini lebih simpel dan tidak membutuhkan banyak biaya, namun memiliki tingkat efektif yang tinggi. Karena orang Indonesia suka bersosialisasi dan berkumpul dengan teman-temannya maka strategi ini cocok digunakan di Indonesia. Kebiasaan konsumen menanyakan apakah produk yang akan mereka beli ini bagus atau tidak kepada temannya menjadi faktor kenapa strategi ini masih dipakai sampai saat ini.

Strategi Word of Mouth untuk Menarik Pelanggan

Strategi Word of Mouth untuk Menarik Pelanggan

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menerapkan strategi bisnis ini untuk menarik pelanggan. Ada beberapa cara yaitu:

1. Menggunakan Saluran Komunikasi yang Relevan

Konsumen biasanya menanyakan tentang informasi produk atau jasa yang anda tawarkan. Oleh karena itu saat anda melakukan strategi ini harus dilakukan dengan perantara media yang tepat dan mudah. Menggunakan media komunikasi atau saluran yang relevan agar konsumen dapat memberikan testimoni atau menyampaikan pesan lain seperti complain, dan dapat anda selesaikan saat itu juga.

2. Testimoni dari Konsumen

Kesuksesan menggunakan strategi ini didukung oleh adanya testimoni dan ulasan dari para konsumen. Agar konsumen mau memberikan pendapat mereka terhadap produk anda dapat anda berikan reward berupa diskon atau voucher belanja berikutnya. Testimoni yang diunggah pada berbagai platform penjualan anda dapat langsung dilihat oleh calon pembeli lainnya. Sehingga, ulasan yang positif terhadap produk anda akan berpotensial meningkatkan penjualan.

3. Melibatkan Konsumen dengan Produk pada Media Sosial

Media sosial adalah platform yang terkenal dan memiliki banyak pengguna. Menggunkan media sosial dapat memperkenalkan dan mempromosikan produk kepada masyarakat serta mengetahui apa yang mereka butuhkan. Strategi ini dapat anda lakukan dengan melibatkan langsung konsumen di media sosial. Contohnya memposting foto mereka saat menggunakan produk yang anda tawarkan. Pada Instagram atau Twitter anda dapat secara langsung mention atau tag konsumen untuk menyampaikan terimakasih karena sudah menggunakan produk yang anda tawarkan.

Word of mouth merupakan salah satu strategi bisnis yang dapat diterapkan pada bisnis saat ini.  Media sosial dapat mempermudah anda menerapkan pemasaran produk agar dapat dikenal oleh publik. Bisnis memang membutuhkan strategi yang tepat dan pelayanan yang maksimal. Oleh sebab itu, anda harus dapat melakukan srategi bisnis yang tepat untuk bisnis yang anda jalankan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top