apa itu split payment

Pengertian Refund dan Prosedurnya

Apakah itu refund? Anda pernah melihat ada berita di televisi tentang kejadian yang terjadi di bandara? Karena penundaan penerbangan oleh salah satu pihak maskapai penerbangan sehingga berakibat bagi para penumpang dan maskapai melakukan komplain dan meminta ganti rugi atau refund. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan refund itu? Refund adalah istilah bagi pengembalian dana.

Dalam hal ini refund merupakan sejumlah uang yang akan diterima atas pembatalan penerbangan maskapai. Sehingga penumpang bisa membatalkan penerbangan dan mendapatkan kembali uang yang telah dibayarkan untuk tiket pesawat yang sudah dipesan sebelumnya. Lantas bagaimana prosedur dalam pengajuan refund itu sendiri, apakah mudah atau terbilang ribet?

Prosedur Pengajuan Refund

Prosedur Pengajuan Refund

Jika anda sudah mengetahui arti refund adalah pengembalian dana, maka sekarang kita akan membahas tentang bagaimana prosedur pengajuan nya. Sebenarnya pengajuan refund sangat mudah, namun sayang hal ini dapat menimbulkan kepanikan serta kebingungan tersendiri saat memprosesnya. Beberapa hal yang membuat bingung para pemohon refund adalah lamanya waktu pengembalian dana dan besarnya potongan yang dikenakan bagi setiap tiket yang dibatalkan.

Misalnya muncul sebuah berita adanya pembatalan pertunjukan yang dilakukan event organizer. Sementara tiket sudah banyak terjual, jadi pihak event organizer memberi kompensasi atau ganti rugi bagi para konsumen yang membeli tiket pertunjukan. Langkah ini disebut sudah melakukan refund.

Hal-hal yang harus dipahami yakni kebijakan refund dari setiap maskapai tentu berbeda. Potongan dana dipengaruhi waktu pengajuan refund dan berapa lama dana dapat kembali ke rekening anda itu semua mempengaruhi refund yang anda ajukan.

Kebijakan Refund Maskapai

Untuk mengetahui bisa tidaknya anda melakukan pembatalan atau refund bagi penerbangan, anda harus teliti di dalam pemesanan tiket pesawat. Seluruh penerbangan yang muncul dari hasil pencarian bisa menampilkan informasi tentang bisa atau tidaknya tiket di refund dalam rincian harga yang tersedia.

Hal ini perlu diperhatikan agar anda dapat mengajukan refund sewaktu-waktu dan permohonan anda tidak ditolak. Dengan mengetahui sejak awal bisa atau tidaknya tiket di refund, anda akan terhindar dari rasa kecewa karena gagal mengajukan refund. Saat hendak membeli tiket, sebaiknya anda memilih penerbangan yang dapat di refund untuk mengantisipasi bila anda mendadak batal untuk bepergian.

Waktu Pengajuan Refund

Ada hal yang perlu anda ingat, bahwasanya maskapai tidak akan mengembalikan dana anda 100% kecuali dengan alasan tertentu, misalnya terjadi kesalahan dari pihak maskapai. Dana yang dikembalikan juga tergantung dari berapa lama jarak pengajuan refund dengan jadwal keberangkatan anda. Waktu pengajuan ini akan berpengaruh pada besarnya jumlah dana yang nantinya akan dikembalikan.

Waktu Pengembalian Dana Tergantung Pihak Maskapai

Jika anda sudah mengajukan permohonan refund serta sudah memahami berapa jumlah besaran potongan yang berlaku. Maka hal lain yang harus anda ketahui yaitu lamanya proses pengembalian dana. Di dalam sebuah maskapai, aturan yang berlaku untuk pengembalian dana adalah 30 hingga 90 hari kerja. Namun ini tergantung pada kebijakan maskapai masing-masing.

Saat proses refund berlangsung, anda dapat mengecek status melalui aplikasi tempat anda memesan tiket. Cara mengeceknya cukup mudah, anda langsung masuk ke akun My account pada situs pemesanan tiket penerbangan anda dan pilih My Refund. Anda akan menemukan status terkini dari pengajuan refund anda.

Jika anda sudah tahu bahwa refund adalah pengembalian dana dan mengetahui hal-hal penting seputar refund untuk tiket pesawat. Maka anda akan merasa lebih tenang sesudah mengajukan permohonan tersebut. Sehingga tinggal menunggu sampai dana dikembalikan ke rekening bank milik anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top