Saat suatu perusahaan akan melakukan sebuah improvisasi dan inovasi atas barang/jasanya, hal yang pertama-tama harus dilakukan ialah mengadakan survei, biasanya survei yang dipilih adalah survei online, karna dianggap lebih praktis dan dapat menghasilkan respon yang lebih banyak karna jangkauannya penyebaran pertayaannya lebih luas. Hal ini betujuan agar perusahaan tersebut mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan butuhkan, sehingga dalam usaha meningkatkan kualitas tersebut akhirnya akan menciptakan keuntungan bagi perusahaan itu sendiri.
Pengertian Survei Online
Pada umumnya pengertian survei online sama dengan survei biasa, yaitu sebuah penelitian yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada responden yang bertujuan untuk mencari tahu apa yang masyarakat inginkan dan butuhkan, namun bedanya hanya pada media yang digunakan. Survei online menyebarkan kuisioner melalui internet atau secara online. Cara survei ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja oleh serta siapa saja, namun tidak semua orang mampu melakukannya dengan baik. Maka, berikut adalah beberapa tips dan trik dari para ahli agar survei yang anda lakukan menjadi efektif.
Mendesain Survei
Semua berawal dari bagaimana kita mendesain sebuah survei, sebuah langkah yang paling awal dan juga merupakan langkah yang paling penting dalam menentukan keberhasilan sebuah survei. Tidak hanya mendesain pertanyaan kuesioner survei, namun yang paling penting adalah menentukan tujuan konkret dari survei tersebut. Setelah itu, dilakukan penentuan sasaran demografis dari responden. Tentukanlah siapa yang paling tepat untuk mengisi dan memberikan jawaban yang dinginkan dari pertanyaan pada kuisioner tersebut. Jika ternyata anda memiliki lebih dari satu target sasaran demografis, maka perlu juga dibuat kuesioner tersendiri untuk masing-masing sasaran demografisnya.
Merancang Pertanyaan Kuesioner Survei
Dalam mendesain pertanyaan survei, perlu diingat untuk menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh target sasaran demografis yang dituju. Pastikan pertanyaan yang diajukan jelas, singkat, tidak bertele-tele, sehingga mudah dimengerti. Kualitas pertanyaan dalam kuesioner survei akan sangat menentukan kualitas jawaban para responden yang tentunya akan mempengaruhi hasil akhir survei tersebut.
Hal lainnya yang perlu diingat dalam merancang pertanyaan survei adalah menghindari kata-kata yang bisa mempengaruhi jawaban responden dalam menjawab pertanyaan yang anda sajikan. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan dengan cara menghindari memasukkan opini pribadi dalam pertanyaan survei. Misalnya dalam menanyakan kualitas pelayanan di sebuah hotel, jangan awali pertanyaan dengan sebuah pernyataan yang menyatakan kualitas atau sertifikasi hotel. Hal ini akan membuat responden menjadi terpengaruh sebelum menjawab pertanyaan tersebut.
Mengumpulkan Respon
Ada banyak metode yang dapat dipilih untuk mengumpulkan respon dari pertanyaan kuesioner survei yang telah disusun. Mulai dari menyelipkan survei tersebut di website, menyebarkan survei melalui email, menyebarkan survei melalui sosial media, sampai dengan menggunakan jasa profesional seperti SurveyMonkey untuk membantu proses pencarian responden sesuai dengan kriteria sasaran demografis yang diinginkan.
Menganalisa Respon
Hal terakhir yang harus anda lakukan ialah menganalisa respon/jawaban atas kuisioner yang sudah anda sebarkan sebelumnya. Proses yang diperlukan dalam melakukan analisa data akan sangat berbeda-beda antar survei yang satu dengan yang lainnya, tergantung dari jenis pertanyaan yang digunakan. Beberapa jenis proses analisa yang digunakan pada umumnya adalah penyaringan respon sesuai responden atau kriteria tertentu lainnya, contohnya tabulasi data, dan perbandingan data. Dalam proses survei online, SurveyMonkey menyediakan alat analisa otomatis yang sudah teruji oleh para ahli dan digunakan oleh peneliti-peneliti di dunia.
Demikian pengertian dan tips survei online yang dapat anda pelajari sebelum melakukan improvisasi dan inovasi pada barang/jasa yang anda tawarkan pada bisnis yang anda jalani.