Logo PrismaLink

Tips Menerapkan Digital Advertising Sebagai Strategi Pemasaran

Pengiklanan adalah salah satu elemen penting dalam upaya memajukan dan mengembangkan suatu bisnis. Pada era yang sudah serba canggih ini, pengiklanan sudah sangat mudah dilakukan dengan campur tangan teknologi, atau yang biasa dikenal dengan Digital Advertising. Metode ini menjadi metode pengiklanan yang paling banyak digunakan oleh pebisnis.

Menjadi seorang pebisnis memang harus paham akan perkembangan zaman. Apabila pebisnis tidak peka dan paham akan perkembangan bisnis maka bisnis yang dijalankan akan mengalami ketertinggalan. Hal ini akan menjadi kesempatan emas bagi pesaing yang notabene selalu melakukan inovasi dan mengikuti perkembangan zaman.

Tips Menerapkan Digital Advertising

Tips Menerapkan Digital Advertising

Sebelum mengetahui apa saja tips yang dapat dilakukan ketika menerapkan iklan digital, anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari digital advertising itu sendiri. Dalam bahasa Indonesia istilah tersebut dinamakan pengiklanan secara digital. Artinya adalah sebuah iklan yang ditampilkan melalui mediadigital. Misalnya dalam bentuk konten seperti artikel, gambar, video dan lain sebagainya. Metode pengiklanan ini sering digunakan sebagai strategi pemasaran para pebisnis untuk bersaing dengan kompetitor. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan ketika menerapkan iklan digital agar bisnis dapat berkembang dengan sangat cepat.

1. Berinovasi dengan menambahkan elemen kreatif

Agar bisnis semakin berkembang maka suatu perusahaan harus melakukan inovasi, dengan kata lain barang/jasa yang ditawarkan harus dikembangkan menjadi sesuatu yang berbeda atau memiliki sesuatu ciri khas dan lain daripada yang lain. Hal ini bertujuan agar iklan dapat bersaing dengan kompetitor. Berinovasi bisa dilakukan dalam hal pembuatan logo yang unik, jenis huruf yang digunakan, kemudian inovasi dalam hal warna. Inovasi tersebut akan membuat produk anda menjadi unik dan memiliki ciri khas tersendiri, sehingga akan selalu diingat oleh konsumen.

2. Fokus pada platform yang digunakan

Tips yang kedua adalah berfokus pada platform yang digunakan. Iklan digital biasanya berbentuk sebuah konten baik berupa foto, video atau artikel yang akhirnya ditampilkan pada platform yang dipilih seperti Instagram, facebook dan lainnya. Anda harus benar-benar berfokus pada platform yang dipilih sebagai tempat pengiklanan agar nantinya tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

3. Menentukan konsumen yang menjadi target

Hal penting yang harus dilakukan sebelum melakukan pengiklanan adalah menentukan target pemasaran dari sebuah produk. Apakah kalangan remaja, dewasa, orang tua, atau anak-anak. Kenali apa yang mereka butuhkan dan inginkan serta apa yang bisa menarik perhatian calon konsumen. Tips ini harus tetap dilakukan meskipun teknik pemasaran yang dipakai adalah secara online ataupun offline. Setelah menerapakan tips ini maka proses pengiklanan secara digital akan berjalan dengan lancar.

4. Melakukan penelitian tentang iklan apa yang akan ditampilkan

Tips yang terakhir adalah melakukan penelitian tentang apa yang bisa menarik perhatian target atau konsumen dari produk yang ditawarkan. Apabila anda sebelumnya sudah melakukan pengiklanan produk, maka anda harus belajar dari pengalaman tersebut. Kentungan dan kerugian apa yang didapatkan ketika melakukan pengiklanan sebelumnya. Jika mengalami kerugian maka anda harus melakukan perubahan.

Pengiklanan secara digital di platform-platform ternama pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat membuat bisnis naik turun. Namun anda harus peka dan selalu mengikuti perkembangan teknologi di era milenial ini agar anda juga mengetahui perkembangan bisnis yang paling menguntungkan. Dengan menerapkan tips-tips ini, maka proses digital advertising yang anda terapkan berjalan dengan baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top