Dalam dunia bisnis, kita mengenal pemasaran dan penjualan. Bagi anda yang terjun ke dalam bidang bisnis, tentu menyadari bahwa kedua hal tersebut memang berbeda. Namun berbeda bagi masyarakat yang awam dengan bisnis yang mana menganggap bahwa kedua istilah tersebut sama. Untuk anda yang ingin memulai membuka bisnis, ada baiknya anda ketahui dulu apa itu perbedaan pemasaran dan penjualan. Dengan begitu, anda bisa mengoptimalkan kedua hal tersebut sebaik mungkin agar membuahkan hasil yang memuaskan.
Perbedaan Pemasaran dan Penjualan
Pada kesempatan kali ini, kami akan ajak anda untuk mengulas mengenai perbedaan pemasaran dan penjualan. Pastikan anda menyimaknya sampai selesai. Adapun beberapa hal yang membedakan antara pemasaran dan penjualan ialah sebagai berikut.
Fokus
Salah satu hal yang membedakan pemasaran dengan penjualan yaitu fokus. Dalam pemasaran, fokusnya lebih cenderung ke keinginan dan kebutuhan konsumen. Lain halnya dengan penjualan yang lebih menekankan pada produk dan kebutuhan penjual.
Perencanaan
Selain fokus, perbedaan keduanya juga terletak pada perencanaan. Dimana perencanaan untuk pemasaran lebih berorientasi ke hasil jangka panjang. Hal ini berdasarkan pada produk-produk baru. Sedangkan penjualan memiliki perencanaan yang berorientasi ke jangka pendek dan berdasarkan pada produk serta pasar.
Metode
Perbedaan antara pemasaran dan penjualan juga bisa dilihat dari metodenya. Dimana untuk pemasaran, metodenya dimulai dengan menentukan apa yang diinginkan oleh konsumen terlebih dahulu. Baru setelah itu membuat atau mencari solusinya terkait bagaimana pembuatan sekaligus menyerahkan produk yang ditawarkan untuk memenuhi keinginan konsumen di pasar. Sedangkan untuk penjualan, perusahaan memiliki metode dengan mengawalinya dari membuat produk terlebih dahulu. Kemudian memikirkan mengenai bagaimana menjualnya.
Manajemen
Untuk segi manajemennya, pemasaran menerapkan manajemen yang berorientasi pada kepuasan konsumen. Sementara untuk manajemen penjualan lebih berorientasi pada keuntungan volume penjualan. Dimana manajemen tersebut memperlihatkan bagaimana hasil akhir yang diperoleh.
Konsep
Jika digambarkan dengan konsep, pemasaran melibatkan kebutuhan lalu pemasaran terpadu dan berakhir pada laba lewat jumlah kepuasan pembeli. Lain halnya dengan konsep penjualan yang dimulai dengan produk, kemudian penjualan dan promosi hingga pada akhirnya laba lewat jumlah penjualan.
Fungsi
Mengenai fungsinya, pemasaran dilakukan dengan tujuan untuk memasarkan produk ataupun jasa supaya dikenal pasar. Hal ini dilakukan dengan melalui proses penyusunan komunikasi yang terpadu. Pemasaran dilakukan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan sekaligus keinginan konsumen. Sementara penjualan memiliki fungsi untuk menjual produk ataupun menawarkan jasa sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Untuk mencapai target tersebut, penjual harus bisa mencuri perhatian calon konsumen terhadap produk ataupun jasa yang ditawarkannya supaya terjadi penjualan.
Hubungan Dengan Konsumen
Hubungan yang dijalin dengan konsumen juga bisa dijadikan perbedaan antara pemasaran dan penjualan. Hal ini dikarenakan hubungan pemasaran dengan konsumen tetap terjaga dari awal sebelum transaksi sampai transaksi selesai dilakukan. Dengan demikian, loyalitas konsumen tetap terjaga secara baik. Akan tetapi berbeda dengan hubungan penjual dengan konsumen yang mana hanya terjalin sampai proses transaksi jual beli saja.
Aktivitas
Perbedaan pemasaran dan penjualan lainnya bisa dilihat dari aktivitas yang dilakukan. Apabila pemasaran, aktivitas yang dilakukan mencangkup saluran distribusi, periklanan, produk, promosi penjualan, seni menjual, penyimpanan, transportasi, pergudangan produk, dan masih banyak lainnya. Sementara untuk penjualan hanya menjual. Memang ada banyak hal yang bisa anda pelajari untuk membedakan antara pemasaran dengan penjualan. Pastikan anda mencermati setiap hal tersebut sebaik mungkin.