Logo PrismaLink

Strategy Blue Ocean Dalam Dunia Bisnis

Sebuah bisnis yang sedang berkembang, tentunya akan membutuhkan sebuah inovasi serta kreativitas dari pemiliknya. Namun hal ini sangat penting untuk dilakukan agar bisnis yang sedang ditekuni tersebut terus berkembang hingga sukses ke depannya. Sebagai salah satu yang paling populer adalah dengan menerapkan Strategy Blue Ocean dalam dunia bisnis agar sesuai dengan tarjet yang diinginkan atau berkembang.

Strategy Blue Ocean Dalam Dunia Bisnis

Sebagai strategi yang menantang perusahaan untuk keluar dari samudra merah persaingan berdarah dengan cara menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, sehingga kata kompetisi pun menjadi tidak relevan. Dalam strategi samudra biru berfokus pada menumbuhkan permintaan dan menjauh dari kompetisi dengan menciptakan suatu nilai dan keunikan yang tidak sembarang unik, namun juga merupakan pangsa pasar menguntungkan.

Contoh Penerapan Blue Ocean Strategy

Contoh Penerapan Blue Ocean Strategy

Salah satu contohnya adalah ponsel Blackberry yang sempat booming beberapa tahun silam. Saat itu, Blackberry sempat merajai pasar ponsel hanya lewat fitur aplikasi chatting-nya yang ia beri nama BlackBerry Messenger atau BBM yang sempat populer juga di kalangan anak muda dan orang dewasa. Fitur Blackberry ini berani tampil beda dibandingkan produsen ponsel yang lain saat itu. Sejak muncul dalam persaingan penjualan ponsel yang lain tak begitu mengkhawatirkan untuk mereka.

Dapat anda ketahui, seperti contoh yang lain adalah produk iPod yang digawangi oleh Apple, sebuah perusahaan digital ternama yang juga memproduksi iPhone. Namun saat itu, pasar musik digital belum sebesar sekarang. Dengan mulanya Sony merajai pasar musik digital dengan produk Walkman-nya. Namun, kemudian Apple hadir dengan iPod yang mengusung inovasi baru dan teknologi lebih maju dibandingkan pesaingnya. Dengan segala kemudahan yang diberikan oleh Apple pada produk iPod-nya, ia pun segera menguasai pangsa pasar musik digital.

Cara Menerapkan Blue Ocean Strategy

Didalam penerapannya, terdapat cara yang seringkali disebut juga cara yang paling baik tersebut meliputi hal yang dapa anda ketahui.

  • Eliminasi secara singkat, eliminasi yang dimaksud di sini adalah menghapus fitur-fitur yang tidak bernilai atau tidak terlalu penting untuk para pelanggan dari produk anda.
  • Mengurangi sedikit berbeda dengan poin sebelumnya, jika eliminasi berarti menghilangkan. Mengurangi hanya bermakna sebagai pengurangan nilai-nilai dalam sebuah fitur yang masih diperlukan.
  • Meningkatkan selanjutnya, di balik fitur yang tidak terlalu berguna atau memberi nilai lebih pada pelanggan. Tentunya, terdapat fitur lain yang sangat bermanfaat. Fitur inilah yang perlu anda tingkatkan. Tidak masalah jika fitur yang akan anda tingkatkan ini sudah ditawarkan oleh pihak pesaing. Anda tetap bisa memberikan nilai lebih pada fitur yang satu ini dan pastikan fitur anda lebih baik dari kompetitor yang lain.
  • Menciptakan inovasi hanya dilakukan pada produk yang sudah ada sebelumnya. Di sini anda juga dituntut untuk dapat menciptakan produk baru dalam industri yang sama, namun belum pernah ditawarkan pada pelanggan.

Keempat cara menerapkan aksi di atas tersebut dapat dijadikan dasar dalam mengimplementasikan strategi Lautan Biru. Dengan adanya hal ini, anda bisa juga menambahkan aksi-aksi yang lain, selama itu masih relevan dan baik untuk bisnis yang sedang anda tekuni. Itulah contoh dan cara menerapkan Strategy Blue Ocean dalam dunia bisnis untuk kemajuan produk yang anda jalani. Oleh karena itu, anda dapat mengambil keuntungan yang sangat berkembang dan sesuai keinginan tarjet anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top