Logo PrismaLink

Tips Cross Promotion Untuk Penjualan Toko Online

Dalam membuka bisnis toko online, sebagai seorang penjual sebaiknya anda semuanya mengetahui strategi dan juga teknik penjualan yang dapat mendatangkan keuntungan yang lebih banyak. Sebab, untuk menjadi seorang penjual yang berhasil tentunya tidak hanya menawarkan produk anda secara biasa saja, namun ada teknik khusus yang sebaiknya anda jalankan. Salah satunya yaitu dengan cross promotion. Cross promotion ini sering sekali dipakai untuk mempromosikan produk atau service oleh suatu perusahaan.

Tak hanya memiliki tujuan untuk menekan biaya saja, akan tetapi bisa juga memberikan kesempatan lebih luas untuk mengenalkan produk atau service ke audiens yang berbeda. Pengertian dari cross promotion yaitu bentuk dari marketing promosi. Yang mana konsumen dari suatu produk termasuk target konsumen juga dari produk yang ada kaitannya. Promosi silang ini merupakan bentuk promosi pemasaran di mana pelanggan dari satu produk maupun layanan ditargetkan dengan promosi produk yang terkait.

Tips Cross Promotion Toko Online

Tips Cross Promotion Toko Online

Untuk perkembangan bisnis online anda, maka sebaiknya pertimbangkan strategi cross promotion. Sebab, banyak keuntungannya seperti biaya yang lebih murah, yang sifatnya win-win solution untuk berbagai macam pihak. Selain itu juga mudah dilakukan dan hasilnya yang memuaskan dan juga bisa mempromosikan produk dengan cara terus-menerus. Berikut ini adalah tips cross promotion yang dapat anda terapkan pada toko online yang anda jalankan.

1. Lakukan Cross Promotion Pada Toko Online Anda

Salah satu cara yang gampang untuk memakai cross promotion pada toko online anda misalnya saja seperti kata-kata berikut ini ‘Anda pun akan suka produk ini’, ‘Show related products. Ini semua sama dengan yang dilakukan oleh website Pinkemma untuk mempromosikan produk tertentu. Pinkemma ini juga tidak hanya menampilkan satu item saja, tapi juga memberikan setiap pengunjung pilihan produk lainnya berdasarkan produk yang diklik pengunjung.

Dua aspek penting untuk teknik yang diterapkan ini yaitu anda membantu konsumen di dalam menjelajahi produk yang ada kaitannya dengan produk yang konsumen beli. Untuk produk ini menyediakan social proof untuk konsumen anda. Misalkan jika satu produk tertentu dibeli oleh banyak orang lalu anda tampilkan pada saat konsumen sedang berbelanja. Hal ini juga termasuk insentif yang kuat untuk para konsumen di dalam menambahkan produk itu pada shopping cart mereka.

Teknik upsell pun juga bisa dilakukan dalam cross promotion ini dengan cara menawarkan satu produk lainnya atau meng-upgrade produk yang telah ada. Upsell ini sering dilakukan pada saat checkout. Apabila anda semuanya menawarkan diskon, value lebih, penawaran bundling maupun meng-upgrade produk, bisa dimungkinkan para konsumen akan segera mengambil kesempatan tersebut dengan senang hati.

2. Lakukan Cross Promotion Pada Konsumen Anda

Pada saat konsumen telah melakukan pembayaran, pastikan anda semuanya tidak akan mengacuhkan konsumen itu dengan tetap memberikan penawaran menarik sesuai dengan produk yang mereka sukai dari perilaku belanja anda dulunya. Contohnya saja, melakukan hal ini dengan tetap mengirimkan email newsletter yang akan memberikan diskon serta penawaran yang lainnya dari email yang mereka daftarkan lewat website yang anda miliki.

3. Cross Promotion Pada Konsumen dari Perusahaan Berbeda

Kegiatan marketing maupun mempromosikan produk atau service yang anda miliki tentunya akan terasa lebih berat. Anda semua juga bisa mempertimbangkan di dalam mengajak maupun berkolaborasi dengan perusahaan yang lainnya di dalam mempromosikan produk atau service anda. Langkahnya yaitu dengan mengidentifikasi perusahaan yang tidak menjadi direct competitor anda. Akan tetapi, mereka mempunyai produk yang sifatnya complementary atau melengkapi produk yang anda punyai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top