Logo PrismaLink

Tutorial Menggunakan Mailchimp Email Secara Efektif dan Efisien

Email marketing masih menjadi pilihan utama untuk beberapa perusahaan, dalam usaha mempromosikan suatu produk/jasa, karena selain murah, email marketing juga cenderung lebih mudah digunakan. Salah satu layanan email marketing yang paling banyak dan umum digunakan adalah layanan Mailchimp. Mailchimp adalah marketing automation platform dan email marketing service yang memungkinkan anda untuk mengirimkan email ke banyak orang, dalam waktu yang bersamaan.

Cara Menggunakan Mailchimp Lengkap untuk Pemula

Cara Menggunakan Mailchimp Lengkap untuk Pemula

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membantu anda dalam membuat kampanye email marketing yang baik, untuk meningkatkan traffic website, membangun customer base yang loyal serta meningkatakan penjualan bisnis dan usaha anda. Diantaranya:

1. Membuat Akun Mailchimp

Untuk dapat menggunakan layanan ini, sudah pasti anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Hal ini dapat anda lakukan dengan mengakses langsung pada website http://mailchimp.com lalu menekan tombol sign up, yang akan membawa anda ke halaman pendaftaran. Pada halaman pendaftaran, anda perlu mengisi alamat email, username dan password.

2. Buat List Penerima Email

Sebelum anda melakukan kampanye email marketing, pastikan terlebih dahulu anda sudah mempunyai list email atau database yang akan menjadi target market anda. Pembuatan list email dapat dilakukan dengan dua cara, pertama dengan cara input manual dan yang kedua menginput data dalam jumlah yang banyak menggunakan CSV(Comma Separated Values). Untuk anda yang mendaftar dengan account Free Subscription, anda hanya dapat memasukkan maksimal 2000 email dalam setiap kampanye.

3. Buat Template Email

Jika anda sudah berhasil membuat list penerima email, kemudian anda harus membuat template atau layout yang menarik untuk kampanye email marketing anda. Adapun caranya yaitu pilih tab templatates pada dashboard Mailchimp yang anda gunakan, setelah itu klik button create template pada bagian sebelah kanan dashboard anda. Pada bagian layout editor, anda dapat memasukkan logo, email, dan konten yang akan dikirim ke list penerima email yang sudah ditetapkan sebelumnya. Eksplor fitur yang tersedia pada sebelah kanan, lalu drag dan drop pada kolom kerja yang sudah tersedia. Jika sudah selesai, simpan template email tersebut agar dapat digunakan pada saat membuat kampanye email.

4. Buat Campaign Email

Cara membuat campaign email hal pertama yang harus anda lakukan adalah pilih tab campaign pada dasboard Mailchimp, kemudian klik create campaign pada sisi kanan dashboard lalu pilih fitur create an email, pilih list email yang sudah dibuat sebelumnya lalu klik next.

5. Mengecek Reports Campaign Mailchimp

Setelah anda mendesain email marketing, pastinya anda ingin mengetahui bagaimana performa email tersebut. Agar anda dapat mengetahuinya, pilih menu reports pada menu dashboard. Di sini anda akan menemukan semua laporan konten yang pernah dibuat. Konten dalam bentuk Campaign, Automation, Landing Pages tersedia untuk semua pengguna. Sedangkan statistik dalam bentuk perbandingan atau comparative hanya tersedia bagi pengguna Pro. Di sini anda dapat melihat grafik performa konten dan anda dapat membadingkan berapa presentase audiens yang membuka email dengan yang mengklik di dalamnya. Semoga penjelasan cara pembuatan dan penggunaan Mailchimp diatas, dapat berguna bagi anda yang masih tergolong pemula.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top