Kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam menjalankan suatu bisnis. Tanpa adanya sumber daya manusia yang berkualitas, maka suatu bisnis tidak bisa dilaksanakan dengan baik, bahkan cenderung akan mengalami berbagai permasalahan yang dapat mengakibatkan bisnis menjadi terhenti. Salah satu aspek kualitas sumber daya manusia di antaranya adalah tanggung jawab & akuntabilitas yang dimiliki oleh para pekerja.
Kedua sifat ini merupakan sifat-sifat yang harus ada pada diri para pekerja, sehingga kualitas sumber daya manusia bisa meningkat dan melancarkan suatu bisnis. Berbagai tahapan dalam pelaksanaan bisnis akan memerlukan tanggung jawab dan akuntabilitas dari para pekerjanya. Mulai dari tahap perencanaan, hingga pelaksanaan dan evaluasi harus dilakukan oleh para pekerja dengan berpegang teguh pada tanggung jawab dan akuntabilitas. Berbagai bidang pekerjaan dan jabatan, apabila tidak dilandasi dengan tanggung jawab dan akuntabilitas, maka tidak akan berjalan sesuai dengan perencanaan.
Tanggung Jawab & Akuntabilitas
Pada dasarnya, tanggung jawab merupakan segala sesuatu yang harus ditanggung oleh seseorang atau sekelompok orang agar berjalan sesuai dengan tujuannya. Tanggung jawab sangatlah penting untuk dimiliki oleh setiap orang, termasuk para pekerja dan pelaku bisnis. Setiap pekerjaan atau jabatan dalam dunia kerja, tentu memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda yang harus dijaganya. Apabila tidak bisa bertanggung jawab atas apa yang diserahkan kepadanya, maka hal tersebut bisa merugikan diri sendiri dan juga orang lain.
Sementara itu, akuntabilitas lebih mengacu pada keadaan di mana seseorang dapat dimintai pertanggungjawaban atas apa yang ditanggungkan kepadanya di awal. Akuntabilitas mendorong setiap orang untuk bisa menjalankan dan menjaga tanggung jawabnya, sehingga akan bekerja dengan optimal. Adapun apabila ada suatu permasalahan, orang yang memiliki akuntabilitas akan semaksimal mungkin berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut tanpa menyalahkan orang lain.
Pentingnya Memiliki Rasa Tanggung Jawab & Akuntabilitas
Memiliki rasa bertanggung jawab dan akuntabilitas sangatlah penting bagi setiap orang. Tidak hanya untuk dunia pekerjaan saja, melainkan berbagai keadaan lain juga akan membutuhkan tanggung jawab dan akuntabilitas dari setiap orang. Dalam dunia pekerjaan, para pekerja yang tidak memiliki rasa tanggung jawab dan akuntabilitas dianggap tidak memiliki etika kerja yang baik, sehingga hal ini sering menjadi aspek bagi perusahaan dalam memilih tenaga kerja untuk perusahaannya. Sebab, orang yang memiliki rasa tanggung jawab dan akuntabilitas, tentu akan bekerja dengan semaksimal mungkin dalam menjalankan tanggung jawab, tugas, dan kewajibannya. Pekerja dengan sifat ini akan memberikan hasil yang maksimal, bahkan seringkali lebih dari apa yang sudah ditargetkan.
Antara Tanggung Jawab & Akuntabilitas
Kedua sifat ini, yakni tanggung jawab & akuntabilitas merupakan dua sifat yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Dengan adanya tanggung jawab, maka seseorang harus bisa menunjukkan akuntabilitasnya, yakni dalam mengemban tanggung jawab tersebut sebaik mungkin. Adanya akuntabilitas berarti menjadi sarana bagi seseorang untuk menunjukkan bahwa dirinya memiliki sifat tanggung jawab dan mampu memberikan hasil yang optimal. Semua orang bisa saja mendapatkan atau menerima tangggung jawab yang diberikan. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki akuntabilitas untuk mengemban tanggung jawab tersebut. Maka dari itu, sifat tanggung jawab dan akuntabilitas harus benar-benar Anda tanamkan dalam diri Anda, sehingga Anda bisa menjadi orang yang berkualitas dan mampu memberikan hasil yang terbaik dalam berbagai hal di kehidupan Anda.