Logo PrismaLink

Inilah Arti Supply Chain dan Manfaatnya Untuk Bisnis!

arti supply chain

Arti Supply Chain ⎯ Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, istilah “supply chain” sering kali menjadi poin kunci dalam memahami dan mengelola rantai pasokan. Dalam artikel ini, kita akan mengulas secara komprehensif tentang arti dari supply chain, manfaat pentingnya dalam bisnis, dan memberikan beberapa contoh bagaimana supply chain berperan dalam kesuksesan suatu bisnis.


Apa Arti Supply Chain Dalam Bisnis?

Supply chain atau rantai pasokan adalah jaringan proses yang terdiri dari berbagai tahap, mulai dari produksi barang atau jasa, pengolahan bahan baku, distribusi, hingga sampai pada konsumen akhir. Rantai pasokan ini mencakup seluruh aspek yang terlibat dalam mengubah bahan mentah menjadi produk jadi yang siap untuk dijual.


Apa Saja Manfaat Supply Chain Untuk Bisnis?

Manfaat dari supply chain sangatlah beragam dan krusial bagi keseluruhan fungsi bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari supply chain:

1. Efisiensi Operasional
Dengan merancang dan mengelola supply chain yang efisien, perusahaan dapat mengurangi waktu produksi dan biaya operasional. Ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar.

2. Penyediaan Stok yang Tepat
Supply chain yang efektif membantu perusahaan dalam memprediksi permintaan pasar dan menyediakan stok yang tepat pada waktu yang diperlukan. Hal ini mengurangi risiko kekurangan atau kelebihan stok yang bisa berdampak negatif pada keuangan perusahaan.

3. Peningkatan Kualitas Produk
Dengan mengontrol setiap tahapan proses produksi dan distribusi, perusahaan dapat memastikan bahwa produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi, memenuhi standar, dan kepuasan pelanggan.

4. Optimalisasi Biaya
Manajemen supply chain yang baik membantu perusahaan dalam mengidentifikasi sumber biaya, mengelola efisiensi biaya, dan meminimalkan pemborosan dalam prosesnya.

5. Responsibilitas Sosial dan Lingkungan
Supply chain yang baik juga memperhatikan aspek sosial dan lingkungan. Dengan memilih mitra bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, perusahaan dapat membangun reputasi yang positif di mata konsumen dan masyarakat.


Contoh Supply Chain Pada Bisnis

Berikut ini akan dibahas tahapan-tahapan krusial dalam rangkaian pasokan, yang meliputi pengadaan, produksi, penyimpanan barang, distribusi, dan akhirnya proses penjualan. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang rantai pasokan ini, diharapkan pembaca dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis mereka guna meraih keunggulan kompetitif dan memberikan kepuasan yang lebih baik kepada pelanggan.

1. Supply Chain dalam Bisnis Manufaktur
Dalam bisnis manufaktur, contoh dari rantai pasokan melibatkan serangkaian tahap mulai dari pengadaan bahan mentah, proses produksi, penyimpanan, distribusi, hingga penjualan produk jadi. Sebagai ilustrasi, perusahaan manufaktur kendaraan akan memperoleh komponen-komponen dari berbagai pemasok, melakukan perakitan di fasilitas produksi mereka, menyimpan produk jadi di gudang, dan mengirimkannya ke dealer atau konsumen akhir.

2. Supply Chain dalam Bisnis E-Commerce
Dalam bisnis e-commerce, rantai pasok memiliki peran sentral. Proses dimulai dari pengadaan produk dari sejumlah pemasok, penyimpanan di pusat gudang, pemrosesan pesanan, pengepakan, pengiriman, dan jika diperlukan, penanganan pengembalian barang. Sebagai contoh, Amazon mengoperasikan rantai pasok yang kompleks untuk memastikan pengiriman produk kepada pelanggan dengan kecepatan dan efisiensi tinggi.

3. Supply Chain dalam Bisnis Makanan dan Minuman
Dalam industri makanan dan minuman, rantai pasok melibatkan pemerolehan bahan mentah seperti bahan makanan, material kemasan, dan bahan tambahan. Prosesnya mencakup pengawasan kualitas, proses produksi, penyimpanan, distribusi, dan akhirnya penjualan produk makanan dan minuman. Sebagai contoh, sebuah restoran cepat saji memerlukan rantai pasok yang teratur guna memastikan pasokan yang memadai dan konsistensi kualitas produk.

Selain membangun supply chain yang baik, Anda juga memerlukan sistem pembayaran yang memiliki beragam metode pembayaran seperti Prismalink payment gateway.

Prismalink tidak hanya menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, tetapi juga menyediakan beragam metode pembayaran yang memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi, mulai dari penggunaan virtual account, kartu kredit/debit, e-wallet, QRIS, paylater, hingga debit instan, dan gerai ritel.

Prismalink juga sudah dipercaya oleh merchant besar seperti Tokopedia, Blibli.com, Periplus, dan masih banyak lagi merchant ternama lainnya. PrismaLink Payment Gateway menjadi pilihan yang dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan sistem pembayaran yang dapat diandalkan.

Ingin #melangkahbersamaprismalink? Yuk, daftarkan segera bisnis Anda di https://prismalink.co.id/

arti supply chain
Baca juga: 5 Metode Pembayaran Digital Populer di Tahun 2024
arti supply chain

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top