Logo PrismaLink

Memahami Programmatic Advertising dalam Strategi Pemasaran

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih juga menjadikan strategi pemasaran produk semakin canggih dan efektif. Salah satu strategi pemasaran yang semakin canggih untuk menjadikan pemasaran produk lebih baik adalah dengna programmatic advertising atau yang sering disebut dengan programmatic ads. Saat ini, cara ini telah banyak digunakan oleh para pebisnis untuk menampilkan atau mengiklankan produknya di berbagai media digital.

Pentingnya Programmatic Advertising dalam Bisnis

Pemasaran produk merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Dengan strategi pemasaran yang baik dan terstruktur, maka penjualan produk dapat meningkat dan memberikan keuntungan yang besar bagi pelaku bisnis. Dalam strategi pemasaran, programmatic ads memiliki peran yang cukup penting, di antaranya:

Tepat Sasaran

Relevansi adalah salah satu hal yang cukup vital dalam strategi pemasaran ini. Apabila suatu produk dapat menyampaikan pesan dengan tepat kepada target konsumen, maka peluang nilai konversi juga akan semakin tinggi. Dengan menggunakan programmatic ads, maka iklan atau promosi dapat disampaikan kepada target konsumen yang tepat.

Melalui programmatic ads, Anda bisa menentukan siapa target konsumen Anda dengan lebih terperinci. Beberapa kategori yang bisa Anda atur di antaranya adalah jenis kelamin, usia, lokasi, pekerjaan, hobi, dan lain sebagainya. Dengan demikian, promosi yang Anda sampaikan akan tepat sasaran, dan kemungkinan besar produk untuk digunakan akan semakin tinggi.

Sementara itu, pengguna internet yang ada pada tahun 2017, khususnya di Indonesia saja, kurang lebih sudah sejumlah 132,7 juta. Angka ini akan terus bertambah mengingat banyaknya fitur dan fasilitas yang semakin mendukung penggunaan internet. Sedangkan, di internet, tentu saja terdapat data-data diri dari para pengguna, sehingga akan sangat efektif untuk dijadikan sebagai lahan untuk memasarkan produk.

Evaluasi Pemasaran yang Sangat Mudah

Evaluasi Pemasaran yang Sangat Mudah

Dalam memasarkan produk, tentu saja Anda harus melakukan evaluasi dari pemasaran tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari pemasaran yang telah dilakukan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar pelaku bisnis dapat melakukan perbaikan terhadap hasil evaluasi pemasaran produknya.

Programmatic ads membantu penggunanya untuk mengevaluasi pemasaran produk. Hal ini dilakukan dengan adanya data yang disajikan oleh programmatic ads terkait dengan perjalanan iklan serta banyaknya konsumen terhadap iklan yang dipasarkan. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui mana dan kapan pemasaran produk Anda yang paling banyak diminati.

Murah dan Efektif untuk Digunakan

Selain beberapa keunggulan di atas, penggunaan programmatic advertising juga relatif murah dan efektif untuk memasarkan produk. Jika dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya, penggunaan programmatics ads sangat murah. Tidak diperlukan pencetakan banner, poster, ataupun pamflet yang membutuhkan dana cukup besar.

Dari sisi keefektivan, penggunaan programmatic ads juga sangat efisien untuk memasarkan suatu produk. Jangkauan dari programmatic ads sangatlah luas, bahkan hingga mencapai berbagai belahan dunia. Jumlah pengguna internet yang ada di dunia ini juga sangat tinggi, sehingga jangkauan konsumen dapat semakin luas. Dengan demikian, iklan yang dipasangkan akan semakin banyak dilihat dan diakses oleh pengguna internet. Peluang pembelian produk pun juga akan semakin meningkat.

Beberapa hal di atas menunjukkan bahwa programmatic advertising sangat penting untuk digunakan dalam dunia bisnis, terlebih lagi sebagai strategi pemasaran. Penggunaan programmatic ads mampu memberikan berbagai manfaat bagi kelancaran bisnis Anda. Dengan demikian, akan sangat baik apabila Anda mempertimbangkan untuk menggunakan programmatic ads sebagai strategi pemasaran produk Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top