Dalam dunia bisnis, menentukan dan mengelompokkan berbagai produknya kepada target konsumen tertentu adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pengelompokkan berbagai produk seperti ini sering disebut dengan segmentasi pasar. Hal ini mampu memberikan efek positif terhadap pemasaran produk yang Anda lakukan. Pemasaran pun akan dilakukan dengan efektif, sehingga antara modal dan hasil bisa memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis.
Namun demikian, dari banyaknya pelaku bisnis yang ada di tanah air, masih cukup banyak pelaku bisnis yang masih belum memahami segmentasi pasar dan manfaatnya dalam pemasaran produk. Pada umumnya, mereka masih menganggap semua barang atau produk yang dapat dipasarkannya sama saja.
Padahal, setiap barang atau produk, tentu memiliki sifat yang berbeda-beda, sehingga harus dikelompokkan. Dengan demikian, pemasaran bisa menjadi fokus dan dapat dipasarkan dengan tepat sasaran. Hasilnya, promosi akan lebih efektif dan mampu meningkatkan penjualan produk. Sebaliknya, jika tidak dilakukan pengelompokkan, maka bisnis dapat terhambat, bahkan pemasaran yang dilakukan akan berujung percuma.
Bagaimana Cara Menentukan Segmentasi Pasar?
Bagi orang awam atau pelaku bisnis yang masih pemula, menentukan segmentasi pasar tentu menjadi salah satu hal yang rumit. Berikut ini beberapa cara dalam menentukan segmentasi pasar untuk bisnis yang Anda jalankan:
Menentukan Target Konsumen
Target konsumen merupakan sekelompok orang yang menjai target atau sasaran dari pemasaran produk yang Anda jalankan. Dalam memasarkan produk, tentu Anda memiliki sasaran siapa yang membutuhkan produk Anda. Anda harus memastikan bahwa sekelompok orang ini telah memiliki kesamaan, sehingga segmentasi pasar juga akan efektif untuk dilakukan.
Menyesuaikan Kebutuhan Target Pasar
Anda juga harus menentukan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan oleh calon konsumen. Selanjutnya, Anda bisa menyesuaikannya dengan berbagai produk yang Anda jual. Penentuan kebutuhan pasar ini bisa Anda lakukan dengan melakukan wawancara kepada calon konsumen atau bisa dengan melakukan serangkaian tes produk.
Memisahkan Menjadi Sub Grup
Kelompok yang terlalu besar dan masih terlalu umum akan menjadikan segmentasi menjadi kurang efektif. Untuk itu, Anda bisa memecah kelompok menjadi beberapa sub yang lebih spesifik sesuai dengan segmentasinya.
Mengevaluasi Target Konsumen
Setelah dilakukan pemecahan membentuk sejumlah sub grup, sebaiknya Anda melakukan evaluasi kembali. Dengan demikian, target konsumen bisa lebih spesifik dan tepat sasaran.
Merencanakan Strategi Pemasaran yang Tepat
Strategi pemasaran merupakan serangkaian langkah yang akan Anda lakukan dalam menjalankan pemasaran produk. Dalam segmentasi pasar ini, Anda harus menyesuaikan berbagai strategi pemasaran yang cocok untuk masing-masing segmentasi. Hal ini dikarenakan, kondisi tiap kelompok tentu berbeda-beda, sehingga strategi pemasarannya pun juga akan berbeda. Jangan samakan antara strategi pemasaran segmen pasar yang satu dengan segmen pasar lainnya. Sebab, nantinya pemasaran dan penjualan produk menjadi kurang optimal.
Mengevaluasi Respon Pasar
Pelaksanaan segmentasi serta strategi pasar merupakan kunci utama dalam menjalankan bisnis. Tanpa aksi nyata, maka semua strategi dan perencanaan tidak akan berguna. Setelah semua berjalan, Anda harus mengevaluasi respon dari pasar terkait dengan pemasaran dan penjualan produk Anda.
Anda bisa menganalisa dari hasil penjualan, serta respon dan masukan yang diberikan oleh konsumen. Setelah dilakukan evaluasi, Anda bisa melakukan peningkatan atau perbaikan, sehingga penjualan produk bisa dioptimalkan atau minimal bisa dipertahankan.
Uraian di atas bisa menjadi referensi bagi Anda terkait dengan segmentasi pasar dan cara menentukannya. Beberapa tips di atas bisa Anda terapkan agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan keuntungan yang besar.