Logo PrismaLink

Peran Customer Insight dalam Mengoptimalkan Penjualan Produk

Customer insight merupakan salah satu aspek penilaian yang dibutuhkan oleh perusahaan atau pelaku binis dalam menilai dan mempelajari apa saja yang dibutuhkan oleh para konsumennya. Dengan adanya customer insight, maka perusahaan atau pelaku bisnis dapat membangun interaksi yang konsisten dengan para pelanggannya.

Sebagaimana pepatah, “pelanggan adalah raja”, dalam merintis bisnis dan membangun perusahaan, Anda juga harus mementingkan kepuasan pelanggan terhadap layanan yang perusahaan Anda berikan. Ketika pelanggan merasa puas dengan pelayanan dan produk perusahaan Anda, maka kemungkinan besar, mereka akan tetap berada di pihak Anda. Bahkan, mereka juga dapat menjadi agen promotor brand atau perusahaan kepada orang lain yang ada di sekitarnya. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Untuk menilai kepuasan dan mendapatkan masukan dari para pelanggan, maka digunakanlah customer insight, sehingga para pelanggan dapat memberikan ulasan, tanggapan, dan masukan kepada perusahaan. Berbagai masukan inilah yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam mengevaluasi kualitas pelayanan dan produknya.

Komponen-Komponen Customer Insight

Terdapat sejumlah komponen yang merupakan bagian dari customer insight yang mampu memberikan manfaat bagi pelaku bisnis. Adapun komponen customer insight tersebut di antaranya adalah pengumpulan data, analisa data, optimalisasi, managemen kampanye, serta personalisasi. Melalui kompoen tersebut, pelaku bisnis dapat mengetahui mana konsumen yang paling potensial, serta mengetahui cara berkomunikasi dengan konsumen, sehingga penilaian terhadap produk atau pelayanan Anda bisa bernilai positif.

Tujuan dan Manfaat Customer Insight bagi Perusahaan

Tujuan dan Manfaat Customer Insight bagi Perusahaan

Tujuan dari customer insight yaitu meningkatkan penjualan brand tertentu secara mudah dan cepat, sehingga lebih efektif. Dengan syarat, brand dapat memenuhi insight dari para konsumen dengan menyediakan penawaran keuntungan atau nilai. Tujuan yang paling utama lagi adalah untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan kepuasan bagi para pelanggan. Salah satu upaya yang paling efektif untuk memahami customer insight pada perusahaan adalah dengan sedekat mungkin memposisikanya dengan konsumen.

Customer insight mampu memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan, di antaranya:

Menampung Aspirasi Konsumen

Dengan adanya customer insight, maka perusahaan dapat menampung aspirasi atau masukan dari para konsumen. Dari masukan ini, perusahaan akan mendapatkan banyak masukan yang tentu saja bisa menjadi bahan evalusai terhadap pelayanan dan produk perusahaan.

Mendapatkan Inovasi Baru

Menerima berbagai masukan dan aspirasi yang berbeda-beda dari para konsumen, juga bisa menjadi salah satu bantuan bagi perusahaan untuk menemukan inovasi baru. Inovasi baru adalah salah satu cara untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen. Adanya inovasi baru dapat merubah pandangan konsumen terhadap produk perusahaan. Selain itu, hal ini juga dapat digunakan untuk mempertahankan pelanggan agar tidak berpindah ke lain hati.

Meningkatkan Jumlah Pelanggan dan Profit Penjualan

Penggunaan customer insight juga dapat digunakan untuk memperkuat relasi dengan para pelanggan. Melalui pelanggan inilah perusahaan dapat tetap eksistensi dan memberikan keuntungan. Dengan pelayanan yang semakin berkualitas, maka konsumen dapat menjadi pelanggan dan terus menggunakan produk dari suatu perusahaan. Hal ini berarti bahwa profit penjualan produk juga akan mengalami peningkatan yang menguntungkan.

Berdasarkan uraian di atas, diketahui bahwa masukan dan keinginan para konsumen terhadap perusahaan sangat penting untuk diperhatikan dan ditindaklanjuti. Dengan demikian, para konsumen akan mendapatkan kepuasan terhadap produk dan layanan dari perusahaan. Bahkan, penggunaan customer insight juga mampu meningkatkan profit perusahaan secara signifikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top