Logo PrismaLink

Panduan Membuat Business Plan Untuk Pemula

membuat business plan

Anda ingin membangun bisnis tapi belum tahu cara membuat business plan? Jangan khawatir dalam artikel ini kita akan membahas mengenai business plan, manfaat business plan dan juga macam-macam business plan. Tentu saja ketika Anda ingin membangun suatu bisnis, Anda sudah menyusun atau membuat business plan atau perencanaan bisnis yang matang. Bisnis tanpa adanya business plan yang matang tentu akan mendapatkan hasil yang tidak maksimal dan bisa jadi kebingungan ditengah jalan. Yuk simak artikel dibawah ini sampai akhir ya!


Apa Itu Business Plan?

Sebuah business plan adalah dokumen tertulis yang menjelaskan rencana bisnis secara lengkap, termasuk tujuan, strategi, analisis pasar, dan proyeksi keuangan. Dengan memiliki business plan, seorang wirausaha dapat mengidentifikasi potensi keuntungan, risiko, dan memahami cara untuk mencapai kesuksesan dalam bisnisnya.

Baca juga: PPOB (Payment Point Online Bank): Memudahkan Transaksi Keuangan Anda

Manfaat Business Plan Bagi Bisnis

Pernahkah Anda berpikir tentang pentingnya merencanakan segala sesuatu sebelum memulai suatu bisnis? Nah, itu dia pentingnya sebuah business plan! Sebuah business plan yang matang bisa menjadi kunci kesuksesan dalam menghadapi tantangan dan meraih peluang di dunia bisnis yang kompetitif saat ini. Yuk, mari kita telurusi bersama mengenai beberapa manfaat dari membuat business plan.

  • Sebagai panduan strategis untuk mencapai tujuan bisnis
  • Menarik minat investor potensial dan sumber pendanaan lainnya
  • Memastikan keselarasalan antara visi dan rencana tindakan
  • Membantu mengidentifikasi dan mengatasi potensi risiko bisnis
  • Menyediakan dasar untuk mengukur kinerja bisnis
  • Memudahkan komunikasi dan koordinasi di dalam tim

Macam-Macam Business Plan

Terdapat beberapa macam business plan yang dapat disusun tergantung pada tujuan dan fokus bisnisnya, di antaranya:

  • Business Plan Startup

Digunakan untuk merencanakan peluncuran bisnis baru. Ini berfokus pada pengembangan produk, analisis pasar awal, strategi pemasaran, dan proyeksi keuangan untuk beberapa tahun ke depan.

  • Business Plan Internal

Berkaitan dengan pengembangan bisnis yang sudah ada dan bertujuan untuk membantu manajemen dalam merencanakan langkah-langkah dan strategi lebih lanjut.

  • Business Plan Eksternal

Ditujukan untuk pihak eksternal, seperti calon investor atau pemberi pinjaman, untuk membantu mereka memahami potensi bisnis dan keuntungannya.


Langkah Membuat Business Plan

Sebuah business plan adalah fondasi dari segala rencana dan strategi bisnis Anda. Dengan merancangnya dengan baik, Anda akan memiliki panduan yang jelas dan kokoh untuk menghadapi tantangan dan mencapai tujuan yang Anda impikan. Yuk simak langkah-langkah berikut untuk membuat business plan yang tepat!

1. Eksekutif Summary (Ringkasan Eksekutif)

Bagian ini berisi ringkasan singkat dari keseluruhan business plan, termasuk tujuan bisnis, produk atau layanan yang ditawarkan, analisis pasar, dan proyeksi keuangan. Tujuan dari bagian ini adalah untuk memberikan gambaran umum kepada pembaca tentang bisnis Anda.

2. Profil Perusahaan

Jelaskan tentang bisnis Anda, termasuk visi, misi, nilai-nilai inti, sejarah singkat perusahaan, dan profil pemilik atau tim manajemen kunci.

3. Analisis Pasar

Lakukan riset menyeluruh tentang pasar di mana bisnis Anda beroperasi. Identifikasi target pasar, pesaing utama, tren pasar, dan peluang bisnis yang ada. Jelaskan juga bagaimana produk atau layanan Anda memenuhi kebutuhan pelanggan dan apa keunggulan kompetitifnya.

4. Strategi dan Rencana Operasional

Terangkan rencana operasional bisnis Anda, termasuk cara produk atau layanan akan diproduksi atau disediakan. Sertakan informasi tentang rantai pasokan, infrastruktur, dan lokasi bisnis.

5. Produk atau Layanan

Jelaskan secara rinci tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. Sertakan informasi tentang fitur, manfaat, dan keunikan produk atau layanan Anda.

6. Strategi Pemasaran dan Penjualan

Jelaskan strategi pemasaran Anda, termasuk saluran distribusi, promosi, dan harga. Berikan juga rencana penjualan dan bagaimana Anda akan mencapai target penjualan.

7. Manajemen dan Struktur Organisasi

Tunjukkan bagaimana struktur organisasi bisnis Anda dan peran masing-masing anggota tim jika ada anggota tim kunci yang belum bergabung. sebutkan rencana untuk merekrut mereka.

8. Proyeksi Keuangan

Sertakan proyeksi keuangan seperti laporan laba rugi, neraca, dan arus kas. Proyeksikan hasil keuangan untuk beberapa tahun ke depan. Jika bisnis Anda baru, sertakan angka kunci berdasarkan penelitian pasar dan perkiraan.

9. Analisis Risiko

Identifikasi potensi risiko yang mungkin dihadapi bisnis Anda, seperti perubahan pasar, persaingan yang ketat, atau masalah operasional. Jelaskan juga bagaimana Anda akan mengatasi risiko-risiko tersebut.

Pastikan business plan Anda berisi informasi yang jelas, dan juga akurat. Selain itu, business plan yang baik akan membantu mengarahkan bisnis Anda menuju kesuksesan dan mendapatkan dukungan yang diperlukan dari pihak eksternal. Maka dari itu, dalam membangun sebuah bisnis diperlukan untuk mempersiapkan business plan yang matang dan juga jang lupa untuk mempersiapkan sistem pembayaran online yang terdapat berbagai macam chanel pembayaran seperti payment gateway PrismaLink. Bersama PrismaLink bisnis kamu akan semakin lancar dengan menyediakan channel pembayaran secara lengkap. Daftar PrismaLink sekarang juga untuk pembayaran online bisnis Anda!

Baca juga: Toko Online Perlu Dompet Digital untuk Cashless Payment, Kenapa ya?

Kunjungi web PrismaLink dan temukan solusi payment gateway yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top