Logo PrismaLink

Payment Channel Adalah: Solusi Terbaik untuk Kemudahan Pembayaran

payment channel adalah

Payment Channel Adalah ⎯ Dalam dunia transaksi keuangan yang terus berkembang, istilah “payment channel” menjadi semakin penting. Payment channel, atau saluran pembayaran, merujuk pada infrastruktur atau jalur yang memungkinkan proses transfer dana atau pembayaran antara dua pihak.

Di era digital saat ini, payment channel telah menjadi tulang punggung dalam melakukan transaksi keuangan. Melalui berbagai sistem dan platform, pembayaran dapat dilakukan dengan cepat, aman, dan efisien. Dari transfer antarbank hingga dompet digital dan kartu kredit/debit, payment channel hadir dalam berbagai bentuk untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan. Pelajari lebih lanjut yuk!


Payment Channel Adalah?

Payment channel adalah infrastruktur atau jalur yang memfasilitasi proses transfer dana atau pembayaran antara dua pihak. Ini bisa berupa sistem, platform, atau metode yang memungkinkan transaksi keuangan seperti pembayaran tagihan, transfer uang, atau transaksi belanja secara elektronik.

Payment channel memungkinkan individu atau bisnis untuk melakukan transaksi keuangan dengan cara yang aman, cepat, dan efisien melalui berbagai jenis platform, mulai dari kartu kredit/debit, virtual account, e-wallet, QRIS, debit instan, gerai ritel dan juga paylater. Yuk pelajari lebih lanjut, berikut payment channel yang sering digunakan di Indonesia:

1. Kartu Kredit
Dengan menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, Anda dapat memenuhi kebutuhan Anda terlebih dahulu dengan bantuan bank atau penerbit kartu sebelum Anda harus melunasi pembayaran dengan jumlah dan waktu yang telah ditentukan oleh pihak terkait.

Penggunaan kartu kredit secara bijak sebagai instrumen pembayaran dapat membantu proses transaksi bisnis Anda. Selain dapat memanfaatkan penawaran cashback, cicilan 0%, dan poin reward, Anda juga dapat menggunakan limit kredit yang besar dengan persentase penarikan tunai yang memadai untuk kebutuhan modal usaha tambahan jika diperlukan. Hal ini juga berlaku bagi pelanggan Anda yang aktif menggunakan kartu kredit.

2. Kartu Debit
Berbeda dengan kartu kredit, penggunaan kartu debit akan segera mengurangi jumlah dana yang tersimpan di rekening para pemegang kartu, sehingga tidak memerlukan kebutuhan akan uang tunai secara langsung. Sementara itu, kartu debit juga tidak mewajibkan pengguna untuk membayar cicilan bulanan dan bunga dari bank. Tingginya penggunaan kartu debit dapat menjadi kesempatan bagi Anda untuk menyediakan opsi pembayaran serupa di bisnis Anda.

3. Virtual Account
Virtual account adalah jenis rekening yang ada secara virtual, tanpa adanya fisik atau rekening yang terkait dengan kartu atau dokumen tertentu. Biasanya, virtual account digunakan untuk menerima pembayaran dari berbagai sumber tanpa harus memiliki rekening bank fisik yang terpisah.

4. E-Wallet
Penggunaan sistem pembayaran tanpa uang tunai sering diterapkan, terutama saat ini di tengah masa pandemi. Kepraktisan dan efisiensinya membuat banyak orang tertarik pada dompet digital atau e-wallet untuk menyimpan dana guna melakukan transaksi pembayaran.

Menggunakan dompet digital dalam bisnis dapat memberikan beberapa keunggulan, seperti kemampuan untuk dengan mudah melacak transaksi yang masuk ke rekening dalam periode waktu tertentu, serta menghindari risiko uang palsu. Tidak hanya itu, tersedianya promo cashback dari perusahaan dompet digital juga memiliki daya tarik bagi pembeli.

5. QRIS
QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar kode QR yang digunakan di Indonesia untuk memudahkan pembayaran non-tunai. Ini adalah sebuah kode QR yang dapat di-scan menggunakan perangkat ponsel pintar atau smartphone untuk melakukan pembayaran.

6. Debit Instan
Dalam era di mana transaksi digital semakin dibutuhkan, Anda sebagai pengusaha dapat memanfaatkan layanan pembayaran online dengan debit instan. Melalui debit instan ini, bank akan secara otomatis menarik dana dari rekening pelanggan untuk melakukan pembayaran. Pelanggan hanya perlu memasukkan kode OTP yang mereka terima untuk melaksanakan transaksi.

7. Gerai Ritel
Saluran pembayaran ini dapat membantu Anda mencapai pelanggan yang belum memiliki akun bank atau tidak menggunakan dompet digital untuk menyimpan uang. Ketersediaan gerai retail seperti Indomaret dan Alfamart di banyak lokasi memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi. Dengan hanya menunjukkan kode pembayaran kepada kasir, pelanggan Anda dapat melakukan pembayaran secara langsung dengan uang tunai.


payment channel adalah

Sekali Integrasi, Banyak Payment Channel Dengan Prismalink!

Kesimpulannya, payment channel adalah hal yang wajib dalam sistem pembayaran modern. Dengan menyediakan berbagai jalur untuk melakukan transaksi, baik dalam skala lokal maupun global.

Dengan Prismalink, Anda dapat memiliki berbagai payment channel hanya dengan satu rekening. Apapun jenis pembayarannya, mulai dari e-wallet, pembayaran dengan kartu, transfer virtual account, debit instan, pembayaran di minimarket (over the counter), hingga cicilan tanpa kartu, semuanya dapat Anda fasilitasi dengan Prismalink!

Membantu konsumen dengan berbagai saluran pembayaran ternyata sangat penting untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Selain memudahkan proses transaksi, juga menjamin keamanan dan kenyamanan, serta meningkatkan pengalaman belanja konsumen sehingga mereka akan kembali ke toko Anda.

Meskipun menyediakan banyak saluran pembayaran bisa menjadi tantangan bagi para pelaku usaha, namun setelah memahami penjelasan di atas, Anda dapat menggunakan Prismalink yang menyediakan berbagai metode pembayaran lengkap tanpa biaya bulanan yang memberatkan.

Tunggu apa lagi? Yuk segera daftarkan bisnis Anda di https://prismalink.co.id/ dan tingkatkan bisnis Anda!

Baca juga: Inilah Daftar 5 Payment Gateway Terbaik di Indonesia!
payment channel adalah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top