Logo PrismaLink

Inilah Daftar 5 Payment Gateway Terbaik di Indonesia!

payment gateway terbaik

Payment Gateway Terbaik ⎯ Terkadang, jalan keberhasilan bisnis online tak lepas dari pemilihan yang tepat dalam urusan pembayaran. Di tengah perkembangan e-commerce dan transaksi online yang semakin pesat, kehadiran payment gateway menjadi kunci utama untuk kelancaran bisnis. Di Indonesia sendiri, ada banyak pilihan payment gateway yang menawarkan beragam fitur dan keunggulan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sepuluh payment gateway terbaik yang dapat menjadi solusi bagi berbagai jenis bisnis di Indonesia. Dari keamanan hingga kemudahan integrasi, mari kita telusuri apa saja yang ditawarkan oleh para pemain utama dalam ranah pembayaran online di negeri ini.


Apa itu Payment Gateway?

Payment gateway merupakan sebuah layanan aplikasi yang menjadi perantara dalam transaksi antara pembeli dan penjual di platform bisnis online. Fungsinya adalah untuk mempermudah sistem pembayaran di dalam situs web tersebut.

Dengan adanya payment gateway, situs web toko online dapat memastikan kelancaran proses pembayaran dengan berbagai opsi, mulai dari penggunaan kartu kredit, transfer antar bank, virtual account, kartu debit, e-wallet, hingga pembayaran di gerai minimarket.


5 Payment Gateway Terbaik di Indonesia

Penting untuk memilih platform pembayaran yang tepat guna memastikan kelancaran transaksi. Payment gateway menjadi fondasi utama dalam mendukung aktivitas bisnis daring di Indonesia. Dalam konteks ini, pengetahuan mengenai payment gateway yang paling unggul menjadi sangat berharga.

Dalam pembahasan ini, kita akan menjelajahi lima payment gateway terbaik yang telah memimpin pasar di Indonesia. Dari keamanan transaksi hingga integrasi yang mudah, setiap platform memiliki karakteristiknya sendiri yang membuatnya menjadi pilihan utama dalam ekosistem pembayaran digital di negeri ini. Mari kita telaah lebih dalam mengenai kelima payment gateway yang menjadi andalan para pelaku bisnis dalam mengelola transaksi daring di Indonesia.

1. Prismalink International
Prismalink merupakan salah satu layanan payment gateway terbaik di Indonesia. Mereka menempatkan keamanan sebagai prioritas utama dengan menghadirkan fitur 3DS untuk melakukan verifikasi dua langkah pada setiap transaksi, serta mendapatkan sertifikasi PCI DDS. Hal ini membuat transaksi dengan Prismalink terjamin keamanannya, baik melalui debit maupun kartu kredit.

Selain fokus pada keamanan, Prismalink memiliki fitur yang juga sangat menguntungkan yaitu White Label Apps. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat payment gateway dengan menggunakan merek mereka sendiri untuk toko online mereka, meningkatkan citra merek dalam transaksi pembayaran.

Prismalink, yang telah digunakan oleh ribuan pengguna, juga mendukung beragam metode pembayaran seperti transfer bank dan pembayaran di gerai minimarket, seperti halnya layanan payment gateway lainnya.

2. Midtrans
Salah satu dari payment gateway terbaik adalah Midtrans, sebelumnya dikenal dengan nama Veritrans, yang didirikan pada tahun 2012 dan telah dipercaya oleh lebih dari 500 ribu pedagang.

Midtrans secara khusus memusatkan layanannya pada pasar e-commerce di Indonesia, menjangkau berbagai skala bisnis mulai dari UMKM hingga perusahaan startup dan korporat besar. Mereka menawarkan kemampuan untuk menerima pembayaran online, disertai dengan integrasi yang mudah melalui satu dashboard, serta sistem keamanan yang canggih termasuk sistem anti-penipuan.

Payment gateway Midtrans memiliki mitra pembayaran yang sangat bervariasi, termasuk Visa, MasterCard, BCA, BNI, Mandiri, BCA Klikpay, CIMB Clicks, JCB, American Express, Permata Bank, BRIVA, ALTO, ATM Bersama, Prima, QRIS, Gopay, ShopeePay, ePay BRI, OCTO Clicks, XL Tunai, Mandiri Clickpay, T-Cash, dan juga gerai minimarket seperti Indomaret, Alfamart, dan sebagainya.

Dengan demikian, beragam metode pembayaran didukung, mulai dari e-wallet, internet banking, transfer bank, hingga pembayaran di minimarket, memberikan fleksibilitas kepada pengguna dalam melakukan transaksi pembayaran.

3. Xendit
Xendit merupakan salah satu pilihan yang layak dipertimbangkan ketika memilih payment gateway terbaik. Sebagai salah satu dari payment gateway terkemuka di Indonesia bahkan hingga Asia Tenggara, Xendit mampu mengelola transaksi pembayaran dan transfer uang dengan integrasi yang simpel namun komprehensif. Mereka menawarkan beragam opsi mulai dari penggunaan tautan, plugin, hingga API untuk melakukan transfer secara otomatis, disertai dengan antarmuka yang mudah digunakan.

Setiap transaksi yang terjadi di platform Xendit dicatat secara rapi dan memberikan pemberitahuan status pembayaran secara real-time, sehingga pengguna tidak perlu repot-repot memeriksa status pembayaran setiap saat.

Seperti halnya layanan payment gateway lainnya, Xendit juga menjalin kemitraan dengan lebih dari 140 bank yang beroperasi di Indonesia, penyedia e-wallet, bahkan gerai minimarket untuk memberikan variasi metode pembayaran kepada pengguna mereka. Hal ini, yang disebut sebagai XenPayments, sangat sesuai untuk pengelolaan pembayaran di toko online.

4. Doku
Doku dianggap sebagai salah satu pilihan terbaik dalam layanan payment gateway di Indonesia. Perusahaan ini telah menjadi penyedia pembayaran elektronik sejak tahun 2007 dan telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 150.000 mitra bisnis ternama serta memiliki basis pengguna sebanyak 3 juta orang.

Sebagai payment gateway, Doku memiliki beragam mitra termasuk Visa, MasterCard, ATM Bersama, BNI, Mandiri, BCA KlikPay, Permata Bank, Bank Sinarmas, Bank Danamon, CIMB Clicks, Bank Muamalat, Dana, LinkAja, OVO, Gopay, serta berbagai gerai minimarket seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, dan Dan+Dan, termasuk juga dengan layanan keuangan seperti Kredivo.

Doku juga terintegrasi dengan berbagai platform CMS e-commerce seperti WooCommerce, Magento, OpenCart, hingga Shopify, mempermudah proses pembayaran di toko online yang menggunakan platform e-commerce tersebut.

Adapun metode pembayaran yang ditawarkan oleh Doku termasuk Doku Wallet, di mana saldo dapat ditambahkan kapan saja oleh pengguna untuk melakukan transaksi. Pembayaran melalui transfer bank juga dapat dilakukan dengan bermitra dengan sejumlah bank termasuk ATM Bersama. Pengguna juga dapat melakukan pembayaran melalui internet banking yang terhubung dengan jaringan ATM Bersama, Prima, dan Alto.

Selain itu, pembayaran melalui gerai minimarket seperti Alfamart, Alfamidi, Lawson, dan Dan+Dan juga menjadi pilihan. Namun, transaksi melalui gerai minimarket bersifat on-hold, di mana pengguna harus membayar dalam waktu 6 jam setelah mendapatkan kode pembayaran yang tertera pada halaman pemesanan. Aplikasi Doku juga tersedia baik untuk perangkat Android maupun iOS, memudahkan akses dan penggunaan bagi pengguna smartphone.

5. Ipaymu
iPaymu merupakan sebuah layanan yang berfungsi sebagai mitra pembayaran online yang mempermudah proses transaksi. Tak hanya digunakan untuk kebutuhan berbelanja secara daring, tetapi juga untuk transfer, donasi online, bahkan penarikan uang.

Berdiri sejak tahun 2012, iPaymu tergolong sebagai startup di ranah pembayaran digital. Mereka terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam lingkup pembayaran digital.

Pada tahun 2013, iPaymu menghadirkan inovasi yang signifikan dengan memperkenalkan pembayaran berbasis QR Code. Sistem ini memberikan jaminan keamanan selama transaksi berlangsung di dunia online.

QR Code menjadi solusi terhadap kekhawatiran masyarakat akan keamanan transaksi daring yang rentan terhadap praktik kejahatan cyber. Dengan QR Code, transaksi menjadi lebih aman dan praktis, di mana pelanggan dapat melakukan pembayaran hanya dengan menggunakan smartphone mereka.

iPaymu telah menjalin kerja sama dengan 137 bank di Indonesia, menyediakan berbagai metode pembayaran termasuk transfer bank, pembayaran melalui Visa, layanan pos Indonesia, serta pengisian saldo iPaymu.


payment gateway terbaik

Prismalink, Solusi Payment Gateway Terlengkap dan Terbaik!

Tahukah Anda bahwa payment gateway sangat memberikan manfaat besar bagi bisnis Anda? Selain mempermudah pelanggan dalam melakukan pembayaran, layanan ini juga mendukung pengelolaan transaksi bisnis Anda. Oleh karena itu, seleksi payment gateway yang sesuai sangatlah penting.

Sebagai contoh, Anda dapat mencoba layanan payment gateway terbaik yang ditawarkan oleh Prismalink! Jika tertarik untuk memakai layanan ini, yuk segera daftarkan bisnis Anda sekarang dengan mengunjungi situs resmi Prismalink!

Tunggu apa lagi? Yuk segera daftarkan bisnis Anda di https://prismalink.co.id/ dan tingkatkan bisnis Anda!

Baca juga: Apa itu Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, dan Contohnya!
payment gateway terbaik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top