Logo PrismaLink

Pengertian dan Strategi Content Marketing untuk Pemasaran Bisnis

Content marketing biasa dilakukan dalam pemasaran bisnis secara digital. Strategi ini lebih fokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berkualitas, relevan, dan konsisten. Strategi ini mempunyai tujuan untuk menarik audiens yang akhirnya dapat memberikan keuntungan untuk sebuah bisnis. Konten ini mampu memberikan 2 manfaat yang ampuh yaitu, mendatangkan pengunjung dan mendorong mereka untuk membeli. Konten yang menghasilkan seperti ini bukanlah konten yang sembarangan missal, konten-konten yang biasa anda lihat di situs berita atau sebagian besar blog. Penting adanya rencana konten yang solid dan cerdas.

Pengertian Content Marketing

Pengertian Content Marketing

Strategi pemasaran yang satu ini adalah strategi pemasaran dimana anda merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mereka terdorong menjadi kustomer bisnis anda. Sebagai contoh salah satu akun milik perusahaan atau brand yang besar yang sudah anda follow di sosial media biasanya mereka mengirimkan update yang menarik. Update tersebut dapat berupa video, foto, artikel, maupun sekedar update status.

Selain konten dalam berbagai bentuk anda juga dapat mebedakan konten dari sifatnya yaitu mendidik, emosional, menghibur, dan yang lainnya. Paling penting konten yang anda buat harus menarik sehingga konsumen dapat penasaran unuk melihatnya. Jika konten anda tidak menarik maka anda sudah gagal dalam upaya content pemasaran ini. Strategi pemasaran ini harus dijalankan dengan metrik atau tolak ukur yang jelas. Hal ini bertujuan agar anda dapat memantau apakah kegiatan tersebut dapat membantu anda mencapai tujuan pemasaan yang diharapkan.

Strategi Content Marketing

Berikut ini ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membantu pemasaran bisnis anda dengan strategi ini. Diantaranya:

Tentukan Tujuan Marketing Anda

Ketahui terlebih dahulu apa tujuan yang akan anda lakukan jika sudah menggunakan strategi ini. Sebelum anda memulai rencana dapat menolong anda menentukan hal-hal seperti apa yang tepat untuk di masukkan dalam strategi marketing anda.

Lakukan Research Buyer Persona

Buyer persona atau yang disebut dengan mengetahui terlebih dahulu target audiens anda. Hal ini penting dilakukan karena dengan megetahui target audience anda dapat membuat konten yang lebih relevan dan menarik. Sehingga nantinya audiens akan tertarik dan mau membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Merefleksikan kembali audience anda dengan melakukan market research setiap tahun dapat membant anda mengevaluasi strategi marketing anda.

Lakukan Audit Konten

Biasanya orang memualai strategi ini dengan membuat blog post. Namun anda juga dapat membuat konten lain yang menurut anda dapat membantu bisnis anda lebih maju. Jika konten yang anda buat sudah banyak maka anda harus evaluasi dan review konten-konten yang sudah anda buat. Apakah konten yang anda buat dapat membantu meningkatkan brand awarenees serta traffic website anda. Dari situlah anda akan memikirkan apa yang harus anda lakukan di tahun selanjutnya.

Pilih Sebuah Content Management System

Content managemen system merupakan aplikasi komputer yang dapat membantu mendukung pembuatan dan moifikasi konten digital. Content creation (pembuatan konten), content publication (perilisan konten), dan content analytics (analisis konten) adalah beberapa fitur yang harus ada pada konten.

Menerapkan content marketing pada bisnis anda sangatlah tidak mudah. Banyak hal yang harus dilakukan untuk menjalankan strategi tersebut. Anda juga memerlukan waktu, organisasi, dan kreativitas untuk menumbuhkan strategi pemasaran konten agar sukses. Itulah beberapa strategi yang dapat anda terapkan pada konten anda agar dapat mengembangkan pemasaran bisnis yang anda kelola.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top