Logo PrismaLink

Pengertian Packaging dan Ide Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda

Pada era yang semakin berkembang ini, semakin banyak situs-situs yang menawarkan kemudahan dalam penjualan melalui sistem online. Oleh karena itu, banyak fitur yang mulai bermunculan, salah satunya Packaging. Maka anda harus mengetahui apa itu Packaging dalam dunia bisnis, karena Packaging yang menarik dapat berpengaruh pada loyalitas pelanggan.

Pengertian Packaging

Packaging adalah representasi dari siklus transaksi anda bagi sebagian besar pelanggan. Sisipan dalam packaging merupakan cara yang efektif dan efisien untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Pada akhirnya, hal ini akan membantu anda dalam meningkatkan penjualan, jumlah order, serta profit. Jika pengiriman dan produk anda sesuai dengan harapan pelanggan, maka pelanggan akan memiliki pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan memuaskan.

Ide Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Ide Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dalam meningkatkan loyalitas dari pelanggan juga dibutuhkan ide-ide kreatif yang mampu menarik lebih besar minat mereka. Berikut adalah contoh ide-ide yang dapat meningkatkan ketertarikan dan loyalitas pelanggan.

Penawaran diskon

Salah satu cara untuk memberikan diskon dengan biaya efektif adalah dengan mencetaknya dalam ukuran kartu bisnis. Cara ini memang bisa anda kirimkan melalui email, namun dengan mengirimkannya dalam packaging menjadikan pengingat bagi pelanggan anda untuk berbelanja kembali di toko online anda. Selain itu penting bagi anda untuk menentukan diskon apa yang menarik. Misalnya, gratis pengiriman atau potongan harga untuk pembelian selanjutnya.

Product sample

Sample bisa menjadi nilai lebih karena dua alasan. Pertama, anda bisa mendapatkan sample gratis dari vendor anda, sehingga dapat menghemat biaya. Kedua, sample adalah cara terbaik untuk cross-selling dan memperkenalkan produk baru atau yang belum populer sehingga menimbulkan rasa penasaran bagi pelanggan untuk mencobanya.

Hadiah kecil

Hadiah kecil bisa menjadi cara untuk memberikan kejutan dan menyenangkan pelanggan anda tanpa merasa bahwa anda sedang berusaha untuk menjual produk. Hal ini diterima dengan senang hati oleh pelanggan, dan setelah itu mereka pasti akan membicarakannya di media sosial, forum, bahkan blog.

Kartu Ucapan dan Catatan Pribadi

Cara paling sederhana, murah dan personal yang dapat anda sisipkan dalam paket anda adalah kartu ucapan terima kasih. Kartu ucapan yang sederhana ini mampu membangun loyalitas pada brand anda. Hal ini merupakan cara yang efektif, khususnya jika bisnis anda dalam skala kecil hingga medium, karena perusahaan besar kesulitan untuk menggunakannya.

Permintaan Ulasan Produk di Media Sosial

Sisipan Packaging pun bisa menjadi tempat bagi anda untuk meminta pelanggan agar memberikan ulasan atau berbagi pengalaman dengan produk mereka di media social. Sebagai salah satunya yang dilakukan oleh Frank Body, yang mendukung semua pelanggan untuk berbagi produk mereka di media sosial.

Alasan sisipan packaging harus diterapkan untuk bisnis

  • Sisipan dalam packaging merupakan salah satu usaha marketing yang memerlukan biaya paling murah.
  • Sisipan ini membuat pelanggan anda merasa spesial.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan. Anda bisa memanfaatkan ruang dalam sisipan packaging, dalam memotivasi pelanggan untuk kembali berbelanja di toko anda atau menyebarkan pengalaman belanja mereka kepada orang lain.
  • Target marketing, karena anda sudah mengetahui apa yang dibeli oleh pelanggan, anda bisa menciptakan sisipan yang spesifik untuk tipe pelanggan tersebut. Misalnya, pelanggan membeli dress dari website anda, berikanlah potongan atau harga spesial ketika mereka berbelanja dress selanjutnya di website anda.

Sisipan packaging ini dapat bervariasi namun tetap sederhana misalnya dengan memberikan kupon atau flyer di dalamnya. Pada kenyataannya, banyak ide yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top