Logo PrismaLink

Pengertian Push Notification dan Manfaat yang Dapat Gunakan

Jika anda pernah mendapat pesan di bagian kanan atas atau bawah browser yang menawarkan aktivasi notifikasi untuk website tersebut, inilah yang disebut dengan push notification. Fitur ini bisa dibilang baru banyak digunakan di website selama beberapa tahun belakangan ini. Saat ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang push notification untuk memahami tentang pengertian dan manfaatnya.

Pengertian Push Notification

Push notification adalah pesan notifikasi yang muncul di layar device dan browser anda. Push Notification memang bisa dikategorikan sebagai sarana marketing sangat penting untuk digunakan.

Manfaat Menggunakan Push Notification

Manfaat Menggunakan Push Notification

Kali ini kami akan memberikan penjelasan beberapa manfaat menggunakan push notification untuk website anda.

Solusi Agar Tetap Terhubung dengan Pengguna Mobile

Jika anda berasumsi bahwa tidak ada jalan lain untuk tetap terhubung dengan pengguna seluler selain menyediakan aplikasi mobile, itu keliru. Dengan push notification, situs anda tetap bisa terhubung dengan pengguna seluler, bahkan ketika user menutup situs anda, sehingga anda tidak akan kehilangan koneksi sepenuhnya dengan mereka. Dengan fitur ini, anda dapat mengirim notifikasi kepada pengunjung, bahkan setelah mereka menutup situs anda. Sama halnya seperti cara kerja di aplikasi mobile.

Mendukung Berbagai Platform dan Browser

Push notification bekerja dengan baik hampir di semua browser, terutama browser-browser populer yang menguasai penggunaan global, yaitu Chrome, Firefox dan Safari. Fitur ini juga mendukung untuk browser versi mobile, terutama Android. Jadi, dengan menggunakan web push notification, anda dapat menjangkau khalayak yang sangat banyak di lintas browser untuk mengunjungi situs anda.

Berkomunikasi Tanpa Mengetahui Rincian Kontak

Sekarang anda tidak perlu mengetahui alamat email pengguna atau nomor ponsel mereka untuk mengirimkan pembaruan terakhir. Merupakan salah satu fitur terbaik yang membuat Push Notification sebagai salah satu sarana pemasaran. Dengan Web Push Notification atau teknologi browser, setiap pengguna yang menjadi follower akan memiliki ID anonym unik yang dihasilkan secara internal.

Ada banyak keuntungan lain dari hal ini, salah satunya pengguna bisa berlangganan Push Notifikasi dengan mudah hanya dengan mengklik sebuah tombol. Berbeda dengan berlangganan buletin email, pengguna harus mengetikkan nama dan email mereka untuk berlangganan. Namun dalam hal ini, kebanyakan orang tidak suka melakukannya.

Pengiriman Instan Dalam Hitungan Detik

Dalam proses marketing sebuah website, tentu saja terkadang ada informasi penting yang harus diberikan kepada pengguna secara cepat, baik itu informasi mengenai penjualan, pengingat ataupun berita penting. Pada umumnya hal-hal tersebut perlu diberitahukan dan dibaca oleh pengguna website secepatnya.

Push notification merupakan saluran terbaik untuk mengirimkan pemberitahuan dengan prioritas tinggi seperti itu, terlebih berita dikirimkan secara Real Time. Jika pengguna website sedang terhubung dengan internet, maka mereka akan menerima pemberitahuan tersebut segera setelah dikirimkan.

Opt-in yang Lebih Tinggi Dibandingkan dengan Email

Jika membahas mengenai Opt-in, manakah yang lebih tinggi antara list building di newsletter dan push notification, maka dapat dikatakan bahwa push notification bisa 50 kali lebih tinggi dari newsletter email. Adapun alasannya sangat sederhana. Seperti halnya yang telah kita bahas sebelumnya, karena untuk berlangganan newsletter (email), seseorang harus memberikan email mereka. Karena hal ini mungkin membuat beberapa orang tidak nyaman, tidak ingin mengungkapkan identitas dan sisanya merasa malas harus mengetikkan alamat email.

Dapat disimpulkan bahwa Push Notification adalah hal yang sangat penting dan memberi manfaat untuk website Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top