Logo PrismaLink

Trik Melakukan Damage Control Lewat Media Sosial yang Efektif

Reputasi suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh Damage Control, sehingga hal itu penting untuk diperhatikan sejak awal. Tak bisa dipungkiri bahwa reputasi perusahaan menjadi salah satu pertimbangan pelanggan dalam membeli produk ataupun menggunakan jasa yang anda tawarkan. Jika bisnis anda sedang mengalami masalah, pastikan anda mengetahui cara mengatasinya. Penanganan permasalahan itu sendiri bisa dilakukan melalui berbagai sarana, tak terkecuali media sosial.

Tips Melakukan Damage Control Lewat Media Sosial

Tips Melakukan Damage Control Lewat Media Sosial

Di bawah ini adalah beberapa trik melakukan damage control lewat media sosial yang sebaiknya anda terapkan.

Memahami Situasi

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu memahami situasi yang sedang terjadi. Pastikan anda mengetahui mana situasi yang sudah krisis dan mana situasi yang masih berada dalam kategori aman. Situasi krisis tersebut juga mempunyai kategori tertentu, misalnya, ada kabar buruk yang berkaitan dengan bisnis anda yang beredar luas di media sosial. Dimana kabar tersebut menjadi viral dan membutuhkan konfirmasi dari anda. Anda sebenarnya ingin langsung memberikan respon, namun belum tahu mengenai penyebab, dampak, penanganan dan hal lainnya yang berkaitan dengan kabar buruk tersebut.

Memantau Perkembangan Situasi

Setelah anda memahami situasinya secara baik, maka anda perlu memantau perkembangannya. Dengan memanfaatkan media sosial, anda bisa memantaunya secara mudah kapan dan dimana saja selama 24 jam non stop. Pastikan juga anda memantau blog atau bahkan forum yang membahas mengenai permasalahan pada bisnis yang anda jalankan. Jangan lupa juga untuk membaca setiap komentar yang diberikan pelanggan. Hal ini akan memudahkan anda dalam merespon nantinya. Tentunya pelanggan akan merasa kurang puas jika anda memberi respon yang tak sesuai dengan perkembangan situasinya.

Cepat Merespon

Langkah dalam melakukan damage control melalui media sosial lainnya adalah, cepat dalam merespon. Setelah anda mengikuti perkembangan situasinya, pastikan anda langsung memberikan respon. Jangan sampai pelanggan anda menunggu terlalu lama. Dalam memberikan respon pun, pastikan anda untuk tetap berhati-hati. Apabila anda belum siap memberikan konfirmasi, anda bisa menjawabnya dengan beralasan sedang mengecek permasalahannya. Berikan juga respon yang ramah dan sopan.

Sebelum memberikan respon, ada baiknya anda mengumpulkan semua karyawan. Kemudian anda bisa memberitahu bagaimana cara berkomunikasi untuk menjawab pertanyaan yang diajukan para pelanggan. Pastikan jawabannya sama, agar kepercayaan dari pelanggan tak hilang. Karena, perbedaan respon akan menyulitkan pelanggan sehingga harus diantisipasi sejak awal. Jika ada perubahan pun, pastikan semua karyawan diberitahu.

Membangun Crisis Strategy

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk damage control yaitu membangun crisis strategy. Dalam hal ini, anda harus memahami bahwa crisis strategy melibatkan planning, management dan communication. Untuk melakukannya, anda bisa menugaskan beberapa orang untuk mengevaluasi masalah sekaligus merespon pertanyaan yang diajukan pelanggan. Selain itu, pantaulah perkembangan di dunia digital, tak terkecuali dengan media sosial.

Pastikan juga anda mencari akar permasalahan secara cepat. Anda juga harus mencari tahu, bagaimana berita miring mengenai bisnis anda tersebut. Setelah itu, anda bisa melakukan permintaan maaf. Gunakan bahasa yang tulus, sopan dan tepat. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam menyampaikan rasa bersalah. Lain halnya jika masyarakat tak mempermasalahkannya, maka anda tak perlu memberi komentar ataupun memberikan respon yang cepat. Meski begitu, anda tetap harus memantau sekaligus mengevaluasi permasalahannya.

Melakukan damage control melalui media sosial, bisa membantu anda dalam menjaga citra atau reputasi perusahaan. Dengan demikian, kepercayaan yang diberikan pelanggan terhadap produk ataupun jasa anda tak akan luntur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top