Logo PrismaLink

Penggunaan Unique Selling Point untuk Persaingan Bisnis yang Ketat

Dalam menjalankan bisnis, sangat dimungkinkan bahwa pelakunya akan mendapatkan pesaing dari pelaku bisnis lain yang mungkin saja menjalankan bisnis yang sama dengan yang Anda jalankan. Hal ini memungkinkan bahwa persaingan bisnis yang Anda jalankan juga semakin ketat. Maka dari itu, diperlukan berbagai upaya untuk menjadikan bisnis kita tetap berjalan meskipun tengah berada di dalam persaingan yang ketat. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan konsep unique selling point atau yang sering disebut dengan USP.

Definisi Unique Selling Point

USP ini merupakan salah satu istilah pemasaran yang dilakukan untuk menawarkan suatu promosi produk atau jasa ayng unik di pasaran. Tanpa menerapkan metode ini, maka perusahaan bisnis akan mengalami penurunan penualan bahkan kalah oleh persaingan bisnis yang ketat. Dengan adanya metode ini, maka Anda bisa membentuk suatu inovasi yang unik dan berbeda dengan bisnis lainnya, sehingga bisa tetap eksis dan bertahan.

Unique Selling Point merupakan dasar pemasaran yang tengah banyak diterapkan saat ini, sehingga strategi pemasaran bisa berjalan dengan lebih optimal. Awalnya, metode ini digunakan untuk mengatasi kegagalan bisnis karena persaingan bisnis yang semakin sulit dan ketat. Persaingan yang ketat mampu menyulitkan pelaku bisnis dalam memasarkan produk dan jasanya, sehingga dapat mengakibatkan bisnis menjadi terhenti.

Teknik dalam strategi pemasaran ini dapat ditentukan pada tingkat poduk dan layanan dan menjadi aspek kunci dalam pemasaran produk atau jasa. Beberapa bentuk USP di antaranya adalah produk unggulan, fitur khususu dari suatu produk, penggunaan bahan tertentu, dan lain sebagainya.

Penggunaan Unique Selling Point dalam Bisnis

Penggunaan Unique Selling Point dalam Bisnis

Dalam membangun bisnis yang menawarkan produk atau jasa tertentu, terlebih dahulu Anda juga harus memahami bisnis yang dijalankan dengan baik. Pahami berbagai hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari produk dan jasa yang Anda tawarkan. Dengan demikian, Anda bisa menawarkan produk dan jasa Anda dengan lebih optimal.

Anda harus bisa menjelaskan berbagai kelebihan dan manfaat yang akan diperoleh dengan bergabung bersama dengan bisnis yang Anda jalankan. Menarik dan mendorong calon konsumen untuk bisa membeli dan menggunakan jasa atau produk dalam bisnis Anda adalah kunci utama dalam pelaksanaan bisnis.

Beberapa komponen yang dapat mendukung unique selling point bisnis Anda, yaitu:

  1. Menawarkan berbagai keuntungan yang paling penting yang akan didapatkan oleh pelanggan Anda;
  2. Menawarkan berbagai keuntungan dan kelebihan bisnis Anda, bukan pesaing Anda;
  3. Menyusun promosi atau iklan yang singkat, padat, dan jelas, sehingga tidak membosankan dan langsung bisa dipahami oleh pembacanya.

Dengan beberapa komponen unique selling point di atas, Anda harus bisa menunjukkan kepada target konsumen bahwa produk dan jasa yang Anda tawarkan lebih baik dari produk lainnya.

Keterbatasan dalam Unique Selling Point

Dengan menggunakan metode ini, maka pelaku bisnis akan melakukan inovasi dan menghasilkan produk yang unik dan memiliki daya saing yang baik bagi produk Anda. Namun demikian, dalam waktu yang singkat saja, kemungkinan munculnya produk lain pada USP yang sama akan bermunculan. Hal ini menjadikan persaingan kembali menjadi ketat dan memungkinkan bisnis mengalami kemunduran. Jika demikian, maka unique selling point harus dikelola ulang agar kembali unik dan berbeda dengan penawaran lainnya.  Maka dari itu, Anda harus bisa berpikir kreatif dan inovatif agar tetap bisa memberikan pemasaran yang berkualitas, unik, dan menarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top